Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rakernas PAN

Jika Amien Rais Buat Partai Baru, Pengamat Sebut Suara PAN Otomatis Tergerus 

Hendri menilai seharusnya PAN melakukan islah setelah polemik pemilihan ketua umum beberapa waktu lalu. Karena baik Amien Rais maupun PAN sama-sama

Jika Amien Rais Buat Partai Baru, Pengamat Sebut Suara PAN Otomatis Tergerus 
Kementan
Pengamat Politik Hendri Satrio. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mundurnya Hanafi Rais dari kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) hingga posisi di DPR RI membuat asumsi bahwa akan muncul partai baru dibawah naungan sang ayah yakni Amien Rais

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan kemunculan partai baru tersebut nantinya akan otomatis menggerus suara PAN dalam kontestasi politik. 

"Ya kalau Amien Rais bikin partai baru itu tentu akan otomatis menggerus suara PAN. Karena kehadiran Amien Rais di PAN itu tidak bisa dianggap kecil. Bahkan dia menjadi tokoh sentral untuk beberapa kader PAN," ujar Hendri, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (7/5/2020). 

Baca: Inikah Partai Baru yang Dibuat Amien Rais Setelah Anaknya Keluar dari PAN?

Hendri menilai seharusnya PAN melakukan islah setelah polemik pemilihan ketua umum beberapa waktu lalu. Karena baik Amien Rais maupun PAN sama-sama saling membutuhkan. 

Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut mengatakan masalah PAN tak akan kunjung selesai apabila Amien Rais dan pengurus PAN saat ini sama-sama masih memiliki kepentingan. 

"Makanya menurut saya sih PAN ini kan harusnya bisa islah. PAN butuh Amien Rais, dan Amien Rais butuh PAN. Dan ini kan juga ujian buat Amien Rais untuk menyelamatkan partai yang dia bangun sebetulnya," kata dia. 

"Harusnya pengurus PAN harus selesai dengan kepentingannya masing-masing, sebelum membesarkan PAN. Termasuk dengan Amien Rais, dia harus terbebas juga dari kepentingan untuk bisa menyelamatkan PAN. Kalau masing-masing masih memiliki ego ya nggak akan selesai-selesai," tandasnya. 

Baca: Kemenag: Kepastian Haji Diharapkan Diumumkan Saudi 12 Mei

Sebelumnya diberitakan, politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Putra Jaya Husin menyebut selain Hanafi Rais, masih ada beberapa anggota DPR dari Fraksi PAN ingin mundur dari jabatan wakil rakyat di parlemen. 

"Sebulan, dua bulan lalu juga ada beberapa orang yang mau mundur, tapi kami larang karena ada amanah rakyat di situ," ujar Putra saat dihubungi, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Baca: Dampak Covid-19, Karyawan Rolls-Royce Bakal Kena PHK

Menurut Putra, beberapa anggota dewan yang ingin mundur karena melihat PAN sudah tidak sesuai dengan tujuan awal yaitu memperjuangkan kepentingan rakyat dan bangsa. 

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas