Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Bantu Penelitian Vaksin Covid-19, BIN Beri Unair Alat Laboratorium Canggih

Penyerahan bantuan alat laboratorium merupakan tindak lanjut perintah Kepala BIN untuk membantu lembaga penelitian dalam tanggulangi Covid-19.

Bantu Penelitian Vaksin Covid-19, BIN Beri Unair Alat Laboratorium Canggih
Freepik
ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menyerahkan alat laboratorium dan dukungan pembiayaan penelitian kepada Universitas Airlangga (Unair) dalam rangka mempercepat penanggulangan wabah virus corona atau Covid-19, Jumat (8/5/2020).

Penyerahan bantuan alat laboratorium tersebut merupakan tindak lanjut perintah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan kepada seluruh jajaran BIN untuk terus membantu lembaga-lembaga penelitian dan rumah sakit dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan alat laboratorium kepada Universitas Airlangga sebagai bentuk kerjasama dan dukungan BIN dalam upaya meningkatkan kemampuan Laboratorium Covid-19 Universitas Airlangga dan percepatan pembuatan formula baru obat penyakit infeksi dengan potensi pandemic.

Baca: Update Corona Global 9 Mei Malam: Kasus Baru Rusia Melonjak 10 Ribu Lebih, Total 198 Ribu Pasien

Penyerahan bantuan ini sejalan dengan Nota Kesepahaman (MOU) dan Perjanjian Kerja Sama antara BIN dan UNAIR yang telah ditandatangani pada tanggal 7 April 2020 yang lalu.

Penyerahan alat laboratorium
Badan Intelijen Negara (BIN) menyerahkan alat laboratorium dan dukungan pembiayaan penelitian kepada Universitas Airlangga dalam rangka mempercepat penanggulangan wabah virus corona atau Covid-19, Jumat (8/5/2020).

Bantuan yang diserahkan BIN kepada Universitas Airlangga terdiri dari 1 Unit RT-PCR 96wheel, 1 unit Akta GO Healthcare Life Sciences, 1 unit Sequencer, 2 unit Incubator CO2, COVID-19 Reagent Set, Plasticware/ Primer, dan biaya penelitian untuk penemuan kandidat obat anti Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama (Sestama) BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo berharap dengan penyerahan bantuan alat laboratorium dan dukungan pembiayaan penelitian tersebut dapat membantu Lembaga Penyakit Tropis UNAIR dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair untuk secepatnya menghasilkan obat dan vaksin Covid-19.

"Kami berharap pihak Unair dapat secara berkala menginformasikan perkembangan dari penelitian yang dikerjasamakan dengan BIN tersebut,” kata Bambang.

Sebelumnya, BIN pun telah menyalurkan bantuan kepada beberapa pihak terkait dengan Covid-19, seperti Rumah Sakit (RS) Persahabatan, RS Brimob, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan.

Tak hanya itu, BIN juga bekerja sama dengan LBM Eijkman untuk pengembangan teknologi preventif atau vaksin, terapi plasma dan terapeutik terhadap virus corona, khususnya Covid-19.

Selain itu, kerja sama dilakukan dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk pengembangan riset guna mengatasi penyakit infeksi dengan potensi pandemi dan kerjasama pengembangan teknologi terapeutik terhadap Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas