Tribun

Pembebasan Lahan Masih Jadi Hambatan Terbesar, Jokowi Minta Secepatnya Diselesaikan

Jokowi meminta agar berbagai hambatan PSN secepatnya diselesaikan. Menurutnya, saat ini pembebasan lahan masih jadi hambatan terbesar.

Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in Pembebasan Lahan Masih Jadi Hambatan Terbesar, Jokowi Minta Secepatnya Diselesaikan
Tangkap layar channel YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas 28 Mei 2020 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar bebagai hambatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) secepatnya diselesaikan.

Menurutnya, hingga saat ini pembebasan lahan masih menjadi hambatan terbesar.

Hal itu Jokowi sampaikan dalam Rapat Terbatas (Ratas) Implementasi Proyek Strategis Nasional untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Covid-19.

"Selesaikan secepat-cepatnya berbagai hambatan pelaksanaan PSN di lapangan."

"Saya menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan," kata Jokowi dalam Ratas yang disiarkan langsung Kompas TV, Jumat (29/5/2020).

Dalam Ratas tersebut, Jokowi juga meminta supaya percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat dan pemulihan ekonomi nasional diprioritaskan.

"Terkait Proyek Strategis Nasional yang sedang berjalan, saya minta diprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, pemulihan ekonomi nasional," tutur Jokowi.

Baca: Ingin Hidupkan Lagi Pariwisata saat New Normal, Jokowi Minta Prioritaskan Wisatawan Lokal

Baca: Jokowi Minta ada Standar Baru pada Industri Pariwisata

Menurut Jokowi, ada sejumlah PSN yang sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat.

Di antaranya yaitu program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan, sosial, serta peremajaan perkebunan rakyat.

"Saya ingin pastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," lanjutnya.

Sementara itu, Jokowi menyampaikan, meskipun dalam situasi menghadapi pandemi, agenda-agenda strategis yang menjadi prioritas dan kepentingan nasional tetap harus berjalan.

Menurutnya, agenda strategis tidak hanya di bidang ekonomi tetapi juga pada bidang-bidang mendasar lainnya.

"Yang penting bagi kehidupan rakyat kita yaitu yang berkaitan dengan pendidikan, peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), dan juga bidang kesehatan."

"Misalnya di bidang kesehatan, kita memiliki agenda besar menurunkan stunting, pemberantasan TBC, malaria, demam berdarah, HIV-AIDS, dan juga berkaitan dengan gerakan hidup sehat yang ini harus terus kita kerjakan," terangnya.

Baca: Jokowi Minta Provinsi Jawa Timur Diberikan Dukungan Penuh, Terutama Terkait Kesiapan RS Rujukan

Jokowi menegaskan, selain fokus mengendalikan Covid-19, pemerintah juga harus memperhatikan agenda-agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat.

"Ini artinya kita harus fokus menangani dan mengendalikan Covid tapi agenda-agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat juga tidak boleh dilupakan," tegasnya.

(Tribunnews.com/Widyadewi Metta) 

 
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas