Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nasib WNI di Kapal Asing

9 ABK Korban Penipuan Calo Tiba dari China, Menaker Ida: Sebelum Berangkat, Cek Dulu Kontrak Kerja

Para ABK diminta mempelajari secara seksama kontrak kerja sebelum berangkat dan pelajari kredibilitas dan legalitas perusahaan.

9 ABK Korban Penipuan Calo Tiba dari China, Menaker Ida: Sebelum Berangkat, Cek Dulu Kontrak Kerja
Dok Kemnaker
Sembilan Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia dari kapal berbendera China tiba Jumat (29/5/2020) malam disambut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sembilan Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia dari kapal berbendera China tiba di Indonesia Jumat (29/5/2020) malam.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut sembilan ABK tersebut di Terminal 3 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Mereka merupakan ABK yang bekerja di Kapal Perusahaan, Tiongkok Zhouyu 603 dan 605 yang dipulangkan melalui Korea Selatan (Korsel).

Diketahui 9 ABK tersebut korban penipuan rayuan calo yang menyalurkan mereka untuk bekerja di kapal.

"Pemerintah melakukan berbagai upaya agar semua cerita menyedihkan tentang penderitaan dan kekerasan terhadap ABK Indonesia tidak terulang lagi, termasuk memperkuat aspek regulasi dan pengawasan," ujar Ida Fauziyah dalam keterangannya, Minggu (30/5/2020).

Sembilan ABK tersebut bekerja sejak tanggal 13 Oktober 2019 hingga April 2020, dan memiliki kontrak kerja selama dua tahun (13 Oktober 2019 – 12 Oktober 2021).

Baca: Mobilnya Tabrak Rumah karena Mabuk, Kapolsek Rembang Dicopot dari Jabatannya dan Kini Ditahan

Adapun kesembilan ABK yang kembali ke Indonesia yakni Nugi Pagestu (Bandung/Jawa Barat); Eko Abdurrachman, Rohman dan Agung (Cirebon/Jabar); Aidul (Lampung Selatan/Lampung).

Empat ABK lainnya yakni Arief Saefudin (Kediri/Jatim); Lasiran (Kebumen/Jateng), David Malvino (Jakut/DKI Jakarta); dan Erik (Palu/Sulteng).

Kepada para ABK, Ida berpesan agar bisa memetik pelajaran dan pengalaman apabila ingin bekerja ke luar negeri menjadi ABK.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas