Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

177 WNI dari Turki Tiba di Indonesia Lewat Repatriasi Mandiri

Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI) telah tiba di Jakarta, Indonesia lewat repatriasi mandiri yang difasilitasi perwakilan RI di Turki.

177 WNI dari Turki Tiba di Indonesia Lewat Repatriasi Mandiri
dok Kemenlu
Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI) telah tiba di Jakarta, Indonesia lewat repatriasi mandiri yang di fasilitasi Perwakilan RI di Turki, Rabu (10/6/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI) telah tiba di Jakarta, Indonesia lewat repatriasi mandiri yang difasilitasi perwakilan RI di Turki.

Para WNI yang diberangkatkan dari Istanbul pada 10 Juni 2020.

Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari yang sama pukul 18.30 WIB dengan menumpang maskapai penerbangan Singapore Airlines.

Baca: WNI Repatriasi yang Dikarantina di Wisma Atlet Mengeluh, Ini Penjelasan Wakil Panglima Kogasgabpad

Dubes RI Ankara, Lalu M Iqbal menyampaikan apresiasi atas kepatuhan para WNI mengikuti imbauan Perwakilan untuk mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan Pemerintah Turki.

"Negara hadir bagi WNI yang memerlukan," ujar Lalu dalam keterangannya, Rabu (10/6/2020) saat melepas kepulangan para WNI.

Para WNI terdiri dari 149 tenaga kerja migran Indonesia di bidang rumah tangga dan spa yang selesai masa kontrak kerjanya, 12 pelajar yang telah menyelesaikan masa studi, 7 orang jemaah tabligh, dan 9 pelancong, yang tertunda kepulangan akibat kebijakan Pemerintah Turki dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sejak akhir Maret 2020, Pemerintah Turki telah menghentikan seluruh penerbangan internasional.
Layanan penerbangan internasional dibuka kembali setelah Turki memasuki masa normal pada 1 Juni 2020.

Sebelum keberangkatan, seluruh WNI telah menjalani tes PCR dan dinyatakan negatif dari Covid-19.

Sesuai aturan pemerintah untuk menghindari terjadinya imported cases, seluruh WNI menjalani protokol kesehatan saat tiba di tanah air dan difasilitasi BP2MI untuk kembali ke daerah masing-masing.

Para WNI tersebut menyampaikan rasa syukur atas bantuan dan perhatian Pemerintah Indonesia selama ini.

Selain fasilitasi repatriasi tersebut, Pemerintah melalui dua Perwakilan di Turki juga telah menyalurkan 1.683 paket logistik dan 107 dukungan finansial bagi WNI yang rentan dan terdampak pandemi.

KBRI Ankara juga memberikan bantuan kekonsuleran dan keimigrasian bagi 1.010 WNI, bantuan bagi WNI yang sakit, serta memulangkan 26 WNI.

Sekitar 4.500 WNI menetap di Turki, terdiri dari 2.700 pelajar dan mahasiswa, 1.500 pekerja spa dan sisanya adalah para ekspatriat dan mereka yang menikah dengan warga setempat.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas