Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bulan Bung Karno

Cerita Irfan Setiaputra, Menganalogikan Penamaan Garuda Indonesia oleh Bung Karno

sendiri arti nama Garuda Indonesia yang diberi oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Soekarno atau Bung Karno

Cerita Irfan Setiaputra, Menganalogikan Penamaan Garuda Indonesia oleh Bung Karno
TRIBUN/DANY PERMANA
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjawab pertanyaan jurnalis saat melakukan sesi wawancara dengan Tribunnews.com di kantor Garuda Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Kamis (11/6/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menganalogikan sendiri arti nama Garuda Indonesia yang diberi oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Soekarno atau Bung Karno.

Kemudian Irfan sekilas menceritakan, ketika ditunjuk menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia, dirinya memikirkan kenapa perusahaan ini bernama Garuda.

Baca: Dirut Garuda, Irfan Setiaputra: Tantangan Saya Recovery Garuda 100 Persen

"Saya berpikir, kenapa Presiden Soekarno menamakan perusahaan ini Garuda Indonesia. Sebetulnya bila dicari juga belum tentu ada yang mengerti namanya kenapa Garuda Indonesia," ucap Irfan dalam sesi wawancara bersama Tribunnews, Kamis (11/6/2020).

Perusahaan ini tidak seperti perusahaan lain, menurut Irfan, bila perusahaan lain yang mengelola bidang tertentu dinamakan dengan bidang yang mereka kelola.

"Seperti Krakatau Steel, PN Garam lalu Semen Indonesia. Perusahaan ini kan dinamakan sesuai dengan yang mereka kelola, lalu kenapa Garuda Indonesia tidak dinamakan Perusaha Pesawat Indonesia saja," kata dia.

Irfan menjelaskan,dirinya menganalogikan sendiri arti nama Garuda Indoensia."Saya berpikir, nama Garuda Indonesia ini bukan hanya sekedar nama yang diberikan Presiden Soekarno," ucap Irfan.

"Bila dilihat, Garuda ini ada dalam bhineka tunggal ika. saya analogikan bahwa perusahaan ini dibuat untuk menyatukan berbagai suku yang ada di Indonesia dari Sabang sampe Merauke," kata Irfan.

Mungkin, lanjut Irfan, perusahaan ini memiliki makna menyatukan masyarakat Indonesia. Dengan adanya Garuda Indonesia, masyarakat Indonesia dari berbagai suku bisa berjuma dengan suku lain.

"Maka dari itu saya berpikir, Garuda Indonesia ini harus tetap terbang karena untuk mengkonektivitaskan wilayah di Indonesia," ucap Irfan.

Baca: Di Pulau Ende Soekarno Tempati Rumah Haji Abdullah

Selain itu, nama Garuda Indonesia ini menjadi pintu utama memperkenalkan Indonesia kepada dunia."Dengan mendarat di negara lain, nama Garuda Indonesia terlihat dan saat penumpang ingin masuk ke pesawat mereka pasti melihat nama Garuda Indonesia," kata Irfan.

Baca: Jarang Tersorot, Inilah Inggit Garnasih, Salah Satu Istri Soekarno yang Pilih Cerai daripada Dimadu

Irfan mengungkapkan, saat ini terbukti bahwa masyarakat di negara lain sudah mengenal Indoenesia dan sudah tau kalau Bali itu ada di Indonesia."Dulu saya ikut pergi ke luar negeri sama orang tua saya, saya dikira orang Vietnam. Karena saat itu yang terkenal adalah perang Vietnam di Asia Tenggara," lanjut Irfan.

Sekarang, Irfan menyebutkan, kalau ke luar negeri lalu naik Garuda Indonesia saat kita turun kemungkinan mereka akan bilang pesawat dan orangnya dari Indonesia.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas