Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Memasuki Era New Normal, Kepala BKN: Bakal Terjadi Perubahan pada Tren Pekerjaan ASN

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menjelaskan akan ada perubahan tren pekerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di era new normal.

Memasuki Era New Normal, Kepala BKN: Bakal Terjadi Perubahan pada Tren Pekerjaan ASN
Tribunnews/Jeprima
Aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) saat hari pertama kerja pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pada masa PSBB transisi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau proporsi karyawan perkantoran hanya 50 persen dari keseluruhan pekerja dan sisanya bekerja dari rumah dengan pembagian jadwal kerja dua shift. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menjelaskan akan ada perubahan tren pekerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di era new normal.

Menurut Bima setelah kurang lebih tiga bulan penerapan bekerja dari rumah bagi ASN akibat dampak Covid-19, sejumlah jenis jabatan atau bidang pekerjaan di lingkup ASN direncanakan akan dievaluasi kembali.

"Hal ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan kompetensi yang harus disesuaikan dan tetap produktif di tengah kondisi birokrasi yang dipaksa serba digital saat ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Minggu (21/6/2020).

Bicara soal adaptif di era new normal, Bima mencontohkan soal budaya pertemuan rapat kerja atau rapat koordinasi di lingkup instansi pemerintah yang sebelumnya cukup sulit untuk dilakukan secara daring (online), tetapi dampak Covid-19 bisa mengubah kebiasaan itu.

"Pertemuan Pemerintahan termasuk Rakor atau Munas yang biasanya dapat menghabiskan anggaran besar, kini bisa berjalan jauh lebih murah melalui sistem digital."

"Ini yang kita sebut efisiensi dan harus kita akui birokrasi tidak pernah berubah dengan sendirinya secepat ini kalau bukan karena dampak Covid-19," imbuhnya.

Baca: Kepadatan CFD Perdana di Masa New Normal Dianggap Wajar, Kapolres: Warga Masih Euforia

Dengan tuntutan perubahan tersebut, Bima menjelaskan akan adanya perubahan tren pekerjaan ASN memasuki era new normal.

Tren tersebut mencakup peningkatan volume, konektivitas data kerja, terjadinya peningkatan tuntutan analisa big data, dan peningkatan transaksi dan interaksi pekerjaan secara digital.

Bahkan menurutnya terdapat soft skills yang idealnya dimiliki setiap ASN, khususnya ketika beradaptasi dengan tatanan normal baru.

"Empat unsur utama yang terdiri dari aspek information, media and technology skills, life and career skills, learning and innovation skills, dan effective communication skills," beber Bima.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana berdialog bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, Rabu (19/12/2018). Dialog tersebut membahas perkembangan rekrutmen CPNS tahun 2018 serta penjelasan tentang manajemen dan rencana rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). TRIBUNNEWS/HO/AMSI
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana berdialog bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, Rabu (19/12/2018). Dialog tersebut membahas perkembangan rekrutmen CPNS tahun 2018 serta penjelasan tentang manajemen dan rencana rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). TRIBUNNEWS/HO/AMSI (TRIBUN/HO/AMSI)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas