Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 1 Juli: 9 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG untuk Rabu, 1 Juli 2020. Sembilan wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang.

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 1 Juli: 9 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
scroll.in
Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem-BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hari Ini, 12 Maret 2020, Jabodetabek Berpotensi Hujan & Angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkait peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia.

Berikut informasi peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG yang diperkirakan terjadi pada Rabu (1/7/2020), besok.

Terkait peringatan dini cuaca ekstrem, BMKG menginformasikan, sejumlah wilayah berpotensi mengalami hujan lebat hingga angin kencang.

Dalam rilis resmi BMKG, yang diperbarui per Senin (29/6/2020), pukul 14.10 WIB, terdapat 12 wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Sebanyak 9 wilayah di antaranya berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang atau puting beliung.

Baca: BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Rabu, 1 Juli 2020: Sebagian Wilayah Ini Hujan Lebat hingga Petir

Baca: Peringatan Dini BMKG Rabu, 1 Juli 2020: Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah

Sementara, 3 wilayah lainnya berpotensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang atau puting beliung.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG menyampaikan melalui rilis resminya, sirkulasi siklonik terpantau di pesisir Timur Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Papua bagian Tengah hingga Papua Barat bagian Utara.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir Barat Bengkulu bagian Utara, Aceh, Selat Malaka bagian Utara hingga Thailand bagian Selatan.

Selain itu, daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Cina Selatan sebelah Utara Kalimantan hingga perairan Barat Filipina bagian Selatan, yang dapat memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut daftar wilayah yang diperkirakan berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Rabu (1/7/2020) dan Kamis (2/7/2020), dikutip dari Instagram resmi BMKG:

Rabu, 1 Juli 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung di antaranya:

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas