Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

HUT Bhayangkara 2020

Hari Bhayangkara ke-74, Simak Sejarah dan Kumpulan Ucapannya Berikut Ini

Berikut sejarah dan kumpulan ucapan 'Selamat Hari Bhayangkara ke-74' dari berbagai sumber, cocok untuk referensi update status di media sosial.

Hari Bhayangkara ke-74, Simak Sejarah dan Kumpulan Ucapannya Berikut Ini
museum.polri.go.id
Logo Polri, Hari Bhayangkara ke-74, Simak Sejarah dan Kumpulan Ucapannya Berikut Ini 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap tanggal 1 Juli, diperingati sebagai Hari Bhayangkara Indonesia.

Hari Bhayangkara merupakan hari lahirnya Kepolisian Republik Indonesia.

Pada hari ini, Kepolisian Republik Indonesia merayakan hari Bhayangkara yang ke-74.

Dilansir dari polri.go.id, awalmulanya pada zaman Kerajaan Majapahit patih Gajah Mada dibentuklah pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara.

Petugas Bhayangkara bertugas untuk melindungi raja dan kerajaannya pada masa itu.

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P., memberikan kejutan kepada Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. di Hari Ulang Tahun Polri ke-74 dengan berkunjung langsung ke rumah dinas Kapolri untuk memberikan ucapan selamat dan kue ulang tahun yang bergambar Panglima TNI dan Kapolri, bertempat di  rumah dinas Kapolri di Jalan Patimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P., memberikan kejutan kepada Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. di Hari Ulang Tahun Polri ke-74 dengan berkunjung langsung ke rumah dinas Kapolri untuk memberikan ucapan selamat dan kue ulang tahun yang bergambar Panglima TNI dan Kapolri, bertempat di rumah dinas Kapolri di Jalan Patimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)

Sementara di masa kolonial, pembentukan pasukan keamanan diawali oleh pembentukan pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang-orang pribumi.

Mereka bertugas menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda pada waktu itu.

Setelah itu, pada 19 Agustus 1945 dibentuk Badan Kepolisian Negara (BKN) oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pada tanggal 29 September 1945 Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara (KKN).

Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi.

Halaman
1234
Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas