Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 21 Juli 2020, Simak Tata Cara Salat Idul Adha

Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 21 Juli 2020, Simak Begini Tata Cara Salat Idul Adha.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 21 Juli 2020, Simak Tata Cara Salat Idul Adha
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Idul Adha 2020 

TRIBUNNEWS.COM - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat awal Zulhijjah 1441 H.

Dilansir kemenag.go.id, Sabtu (11/7/2020) Menag Fachrul Razi mengatakan jika sidang isbat akan digelar pada 21 Juli 2020.

"Sidang Isbat akan digelar 21 Juli 2020,” jelas Fachrul Razi.

Pelaksanaan sidang isbat tersebut sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 02 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriyah.

“Karenanya, sidang isbat awal Zulhijjah digelar pada 29 Zulqadah yang bertepadan 21 Juli 2020,” ujarnya.

Sebagaimana Ramadan dan Syawal, sidang isbat nantinya akan diawali pembahasan mengenai hasil hisab dan laporan rukyatul hilal sebelum menentukan 1 Zulhijjah.

Penampungan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Cakung Jakarta, Jumat (10/7/2020). Jelang Idul Adha Petugas Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memeriksa hewan kurban untuk kesejahteraan hewan di tempat penampungan serta pemeriksaan kesehatan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan dan pengendalian pada masa pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penampungan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Cakung Jakarta, Jumat (10/7/2020). Jelang Idul Adha Petugas Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memeriksa hewan kurban untuk kesejahteraan hewan di tempat penampungan serta pemeriksaan kesehatan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan dan pengendalian pada masa pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
BERITA REKOMENDASI

Sidang isbat akan melibatkan Tim Falaikiyah Kementerian Agama, perwakilan ormas, dan undangan lainnya.

“Jika tanggal 1 Zulhijjah sudah ditentukan, maka bisa diketahui kapan Hari Raya Idul Adha 1441H yang jatuh pada 10 Zulhijjah,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap bahwa penyelenggaraan Salat Idul Adha dapat diselenggarakan sesuai protokol kesehatan, sehingga tidak menimbulkan penyebaran Covid-19.

“Kita harap pelaksanaan salat Idul Adha bisa lebih baik, terawasi, aman dan diusahakan jangan sampe ada cluster akibat dari penyelenggaraan Salat Idul Adha,” kata Muhadjir.

Menurutnya, salat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban, secara nasional, diputuskan boleh digelar dengan memperhatikan status zona dan intensitas penyebaran Covid-19 yang ditetapkan gugus tugas nasional.

Baca: MUI Keluarkan Fatwa Idul Adha, Tegaskan Kurban Tidak Bisa Diganti Uang

Baca: Pemerintah Bolehkan Penyelenggaraan Sholat Idul Adha Asal Ikuti Imbauan Kemenag

Berikut ini tata cara salat Idul Adha, dikutip dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah oleh Ust. M. Syukron Maksum.

1. Membaca niat:

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas