Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL Resmi Lantik Laksma TNI Irwan Achmadi Jadi Pangkolinlamil

Serah terima jabatan tersebut juga dilakukan bersamaan dengan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Aspotmar KSAL

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in KSAL Resmi Lantik Laksma TNI Irwan Achmadi Jadi Pangkolinlamil
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono resmi melantik Laksamana Pertama (Laksma) TNI Irwan Achmadi sebagai Panglima Kolinlamil dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI AL Cilangkap Jakarta Timur pada Kamis (30/7/2020).

Dengan demikian tongkat kepemimpinan Panglima Kolilnlamil resmi berpindah dari Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid kepada Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi.

Dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Kolinlamil yang diterima Tribunnews.com pada Kamis (30/7/2020) peralihan jabatan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020.

Baca: KSAL Resmikan RS Darurat Covid-19 TNI AL di Pasir Angin Bogor

Serah terima jabatan tersebut juga dilakukan bersamaan dengan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Aspotmar KSAL, Panglima Koarmada I dan Kadisdikal.

Dalam rangkaian sertijab Pangkolinlamil sebelumnya telah dilaksanakan pembacaan Memorandum Pangkolinlamil pada Rabu (29/7) di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Pada waktu yang sama juga dilaksanakan pembacaan memorandum Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kolinlamil dari Nisa Abdul Rasyid kepada Nia Irwan Achmadi.

Baca: Kapal Perang Milik TNI AL Tenggelam di Perairan Maselembo

BERITA REKOMENDASI

"Laksma TNI Irwan Achmadi merupakan Perwira tinggi Lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan 33 tahun 1988. Karier militernya dimulai sejak dilantik menjadi perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua, berbagai penugasan telah diembannya baik di Kapal Perang maupun sebagai staf," sebagaimaba dikutip dari keterangan resmi Dinas Penerangan Kolinlamil.

Penugasan Irwan di KRI dimulai dari jabatan Perwira divisi, Kepala Divisi, Perwira Pelaksana KRI Teluk Sibolga 536 dan Teluk Sabang 544 hingga Komandan Satuan.

Selain itu Irwan juga pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Tarempa, Kasubdit Ditjiansta Ops Seskoal, Kasubdis di Diskomlekal, Komandan Satlinlamil Surabaya dan Komandan Satuan Kapal Amfibi Komando Armada Timur.

Irwan juga pernah menjabat sebagai Dosen di Sesko TNI dan Asisten Perencanaan dan Anggaran Panglima Koarmabar.

Baca: Anggota Babinsa di Tambora Tewas Ditusuk Oknum TNI AL Pakai Badik, Danpuspom Jelaskan Kronologinya

"Kepiawaiannya dalam bidang perencanaan operasi membuatnya menjabat Direktur Perencanaan dan Pengembangan Akademi Angkatan Laut.

Dan karena kemampuan intelektualnya pula, bintang satu dipundaknya jatuh dengan menjabat Direktur Doktrin Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL," sebagaimana dikutip dari Dinas Penerangan Kolinlamil.

Hanya setahun menjabat Direktur Doktrin Kodiklatal, TNI AL kemudian mempersiapkan Irwan untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer.

Kemudian selama dua tahun menduduki jabatan orang nomor dua di Kolinlamil, Kodiklatal kembali memanggilnya untuk mengemban jabatan sebagai Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) di Kodiklatal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas