Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wirausahawan Baru Indonesia Siap Dicetak dari Ajang Kompetisi Pelajar Ini

Di kompetisi kewirausahaan ini, para peserta memaparkan kinerja dari perusahaan yang dikembangkan kepada enam juri

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Wirausahawan Baru Indonesia Siap Dicetak dari Ajang Kompetisi Pelajar Ini
ist
Siswa SMKN 20 Jakarta (Nature Piece Student Company) memamerkan Magic Enzyme, produk cairan pembersih sepatu ramah lingkungan ini terbuat dari hasil fermentasi limbah kulit jeruk dan belimbing wuluh. Produk ini mereka kompetisikan di ajang Regional Student Company Competition 2020 yang diselenggarakan secara online oleh Prestasi Junior Indonesia bersama Citibank, Caterpillar Indonesia dan AIG Indonesia, Sabtu (8/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pelajar dari 12 SMA/SMK di Jakarta dan Cileungsi bersaing menunjukkan kepiawaian mengelola usaha mikro berorientasi lingkungan dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2020.

Kegiatan ini diselenggarakan secara online oleh lembaga non-profit yang bergerak di kewirausahaan, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citibank, Caterpillar Indonesia, dan PT AIG Insurance Indonesia, Sabtu (8/8/2020).

Di kompetisi kewirausahaan ini, para peserta memaparkan kinerja dari perusahaan yang dikembangkan kepada enam juri dari kalangan profesional bisnis.

Baca: Melalui Reksadana SRI, BNP Paribas AM dan Citibank Dukung Penanganan Covid-19

Ke-12 SMA dan SMK tersebut adalah SMAN 35 Jakarta, SMAN 71 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, SMKN 20 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, SMKN 66 Jakarta, SMAN 1 Cileungsi, SMA Muhammadiyah Cileungsi, SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi, dan MA Al-Fatah Cileungsi.

Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner menjelaskan, tahun ini lebih dari 250 pelajar di 12 SMA/SMK di Jakarta dan Cileungsi berkesempatan mendapatkan wawasan dan pengalaman bisnis yang komprehensif dengan mengoperasikan sebuah perusahaan yang dikelola siswa atau SC-Student Company di sekolahnya.

"Ide dan kinerja bisnis mereka menunjukkan potensi besar yang dimiliki generasi muda dalam mengelola bisnis sekaligus kepekaan dalam menyikapi perubahan perilaku konsumen yang juga semakin peduli terhadap lingkungan," ungkap Robert Gardiner.

Baca: Siap Cetak Wirausaha Baru, Kemenperin Lanjutkan Program Santripreneur di Pondok Pesantren

Baca: Menpora RI Ingin Unpam Bersinergi dengan Kemenpora RI untuk Cetak Wirausaha Muda

BERITA REKOMENDASI

Pihaknya berharap, program ini memberikan pengalaman yang dapat terus menginspirasi generasi muda untuk menciptakan lebih banyak bisnis baru yang menerapkan konsep keberlanjutan di masa depan.

Mengacu pada hasil survei yang diselenggarakan Cambridge Assessment International Education tahun 2019 menunjukkan, pelajar Indonesia berusia 13-19 tahun memiliki minat dan perhatian yang besar pada isu global terkait lingkungan.

Sementara, 21 persen pelajar responden meyakini polusi (termasuk sampah plastik) adalah masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A Anjungsari mengungkapkan, bisnis yang diinisiasi generasi muda semakin menunjukkan tren yang positif akhir-akhir ini.

Melalui program edukasi kewirausahaan yang menyasar pelajar SMA/SMK ini, Citi Indonesia bersama PJI ingin memberikan pembelajaran praktis berwirausaha sekaligus menanamkan pentingnya membangun bisnis yang tidak hanya memprioritaskan profit, tetapi juga berorientasi untuk menjaga lingkungan.

Kolaborasi ini juga dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia mendorong lahirnya wirausaha muda baru di Indonesia.

Salah satu usaha mikro yang dikelola siswa peserta program ini adalah Elasco Student Company dari SMAN 81 Jakarta. Bisnis ini dirintis berawal dari keprihatinan terhadap tingginya konsumsi kertas dan terus meningkatnya produksi limbah di Indonesia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas