Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasca Libur Tahun Baru Islam, Jumlah Penumpang KAI Mencapai 19 Ribu Orang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, mencatat jumlah penumpang pada 22-24 Agustus 2020 mencapai 19.587 orang.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pasca Libur Tahun Baru Islam, Jumlah Penumpang KAI Mencapai 19 Ribu Orang
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Aktivitas di Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/8/2020). Libur panjang di bulan Agustus 2020 berdampak pada okupansi kereta api di berbagai jurusan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara bertahap terus menambah jumlah perjalanan keretanya dengan pola operasi yang disesuaikan dengan permintaan pasar, khususnya selama empat hari berturut-turut saat libur panjang ini, 20-23 Agustus 2020. Pada 23 Agustus akan dijalankan KA Blora Jaya rute Cepu-Semarang Poncol pp dan KA Ambarawa Ekspres rute Semarang Poncol-Surabaya Pasar Turi. Sebelumnya, KA Dharmawangsa rute Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasar Senen dan KA Ciremai rute Semarang Tawang-Bandung juga telah dijalankan dengan pola jadwal perjalanan pada hari tertentu. Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, mencatat jumlah penumpang pada 22-24 Agustus 2020 mencapai 19.587 orang.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah penumpang ini meningkat 88 persen jika dibandingkan dengan pekan lalu pada 15-17 Agustus 2020 yang hanya 10.586 orang.




"Peningkatan ini karena masa akhir pekan yang bersamaan dengan libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriah telah memasuki masa penghujung," ujar Eva dalam keterangannya, Minggu (23/8/2020).

Baca: Libur Panjang, 162.938 Kendaraan Tinggalkan Kota Jakarta, Penumpang Kereta Api Naik Dua Kali Lipat

Eva juga menyebutkan, pihaknya memprediksi kedatangan penumpang tertinggi di area Daop 1 Jakarta terjadi pada tanggal 24 Agustus 2020, yakni sebesar 9.011 penumpang.

"Adapun mayoritas Kereta Api (KA) tersebut adalah kereta yang berangkat pada tanggal 23 Agustus 2020 dari sejumlah wilayah di luar area Daop 1," kata Eva.

Untuk jumlah KA yang datang ke area Daop 1 Jakarta, lanjut Eva, terdapat 39 KA yang diantaranya 21 KA ke Stasiun Gambir dan 18 KA tiba Pasarsenen.

BERITA TERKAIT

"Selain itu kami juga memastikan penumpang KA yang baru tiba mengikuti persyaratan protokol kesehatan, seperti harus menunjukan surat keterangan rapid test dan melakukan pengecekan suhu," ucap Eva.

Selain itu Eva juga mengungkapkan, sebagai upaya pencegahan covid-19 para penumpang tetap diwajibkan menggunakan Faceshield saat tiba di stasiun tujuan dan diimbau memakai baju lengan panjang.

"Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu-waktu diperjalanan ada penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih," kata Eva.

Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut, ungkap Eva, akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas