Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Curah Hujan Berintensitas Tinggi

pada September-Oktober ini periode peralihan musim dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia.

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Curah Hujan Berintensitas Tinggi
TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, untuk tetap waspada terhadap intensitas hujan tinggi.

Hal ini menyusul adanya kejadian banjir bandang pada Senin (21/9/2020) di wilayah Kabupaten Bogor dan SUkabumi akibat hujan lebat.

BMKG mengatakan curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi empat jam, pada pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB yang teramati di Citeko.

Baca: BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Selama Pancaroba, Sepekan ke Depan Akan Hujan Lebat

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menilai, hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin.

"Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat," ucap Guswanto dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Terkait kejadian tersebut, lanjut Guswanto, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu tiga jam untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir bandang.

Menurut Guswanto, potensi hujan lebat yang terjadi pada siang atau sore di wilayah Bogor tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi luapan air di sekitar daerah aliran sungai Ciliwung.

"Maka dari itu kami juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi genangan akibat curah hujan tinggi ini," kata Guswanto.

Lebih lanjut Guswanto juga mengungkapkan, bahwa BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas