Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tren Klaster Keluarga Meningkat, Pemerintah Minta Masker Tetap Dipakai Walaupun di dalam Rumah

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meminta masyarakat untuk tetap menggunakan walaupun di dalam rumah.

Tren Klaster Keluarga Meningkat, Pemerintah Minta Masker Tetap Dipakai Walaupun di dalam Rumah
TRIBUNSUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN - Seorang melintasi baliho himbauan memakai masker di Plaza Benteng Kuto Besak, Palembang, Kamis (10/9/2020). Pemerintah kota Palembang memperketat aturan protokol kesehatan mengingat penyebaran virus Covid-19 semakin meningkat.TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meminta masyarakat untuk tetap menggunakan masker walaupun di dalam rumah.

Imbauan ini disampaikan langsung oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Bintang menyebutkan selama bulan September ini tren penyebaran Covid-19 di tinggat keluarga meningkat.

"Di bulan September ini kita ketahui bersama, bahwa kasus Covid-19 juga menujukkan tren yang meningkat dalam klaster keluarga."

"Nah untuk itu beberapa arahan Bapak Presiden kepada saya dan tentunya jajaran kami di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini adalah bagaimana kita mengkampanyekan dan sosialisasi secara masif kepada para keluarga terutama perempuan dan anak di seluruh tanah air ini," katanya dikutip channel YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (26/9/2020).

Baca: Kisah Bima Arya sebagai Pasien Corona Pertama di Bogor: Tanya Dokter Dijawab Belum Ada Obatnya

Baca: Update Corona Global 26 September: Total Pasien Sembuh di Seluruh Dunia 24.151.759

Baca: Vaksin Corona Diperkirakan Baru Tersedia untuk Indonesia di Kuartal I 2020

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) .jpg
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA),I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Tangkap layar channel YouTube Sekretariat Presiden)

Kementerian PPPA sendiri telah melakukan kampanye 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dengan melibatkan lembaga dan pemerhati perempuan, termasuk Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Bintang melanjutkan dalam kesempatan tersebut mengajak lembaga di bawah Kementerian PPPA seperti forum anak yang tersebar di 451 kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk bergandengan tangan mensosialisasikan dan mengkampanyekan 3M ini.

"Selalu pakai masker jangan kendor, demikian juga menjaga jarak dan mencuci tangan. Berkaitan dengan klaster keluarga ini ada beberapa hal-hal penting yang menjadi perhatian kita bersama, bahwa kunci displin mematuhi protokol kesehatan tidak hanya saat kita keluar rumah."

"Terutama perempuan sebagai manajemen rumah tangga yang selalu mengingatkan keluarganya walaupun di dalam rumah, saya sarankan kami sarankan untuk memakai masker di dalam rumah. Apalagi di dalam keluarga tersebut ada kelompok rentan seperti balita dan demikian juga lansia," papar Bintang.

Perempuan kelahiran 24 November 1968 ini menyebut keberadaan penyebaran virus Covid-19 di tengah-tengah keluarga bisa jadi dibawa saat seorang anggota keluarga seperti ayah atau ibu yang bekerja di luar rumah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas