Tribun

UU Cipta Kerja

Mendagri Dukung Upaya Sosialisasi UU Cipta Kerja Secara Transparan Ke Daerah

Mendagri Tito Karnavian akan memberikan soft copy UU Cipta Kerja untuk disebarkan kepada pemerintah daerah (Pemda) dan Forkopimda.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
Mendagri Dukung Upaya Sosialisasi UU Cipta Kerja Secara Transparan Ke Daerah
Dok Kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengatakan dokter yang bertugas di Puskesmas merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendukung upaya sosialisasi Undang-Undang Cipta Kerja secara transparan ke daerah.

Dia menyarankan agar materi yang berasal  lebih dari 70 undang-undang yang digabung menjadi UU Cipta Kerja dapat dipelajari berdasarkan pokok-pokok permasalahan yang ada di masing-masing daerah.

"Menghindari penggunaan waktu yang tidak efektif," kata Mendagri dalam Rakor Sinergitas Kebijakan terkait Pelaksanaan Regulasi Omnibus Law, Rabu (14/10/2020).

Tito akan memberikan soft copy untuk disebarkan kepada pemerintah daerah (Pemda) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Ia berharap soft copy tersebut bisa dijadikan rujukan dan referensi untuk rencana pelaksanaan pembelajaran dan pendalaman di daerah masing-masing.

“Bahan-bahan kami akan share ke Bapak dan Ibu supaya bisa dipelajari," lanjutnya.

Baca juga: Dua Jam Sekjen DPR di Gedung Kemensesneg Serahkan Draf UU Cipta Kerja

Baca juga: Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tidak Pernah Tuduh SBY Dalang Kerusuhan Demo Tolak UU Cipta Kerja

Eks Kapolri itu mengatakan rakor sinergitas pemerintah pusat dengan pemerintah daerah diadakan untuk menjelaskan tentang spirit dan substansi dari Undang Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) kepada Forkopimda.

Mendagri berharap setelah dilakukan rapat tersebut pemerintah pusat dan Pemda memiliki kesamaan visi dan juga memiliki amunisi untuk menentukan sikap.

"Kemudian juga mengambil langkah-langkah yang bukan hanya langkah-langkah responsif ketika ada demo, tapi juga langkah langkah proaktif dalam menjelaskan UU Cipta Kerja,” ujarnya

Menko Polhukam Mahfud MD pada rapat koordinasi tersebut berujar mengenai penjelasan pokok-pokok substansi dan penyiapan peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja, sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah untuk memberikan materi dan menjelaskan secara terbuka.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas