Tribun

HUT Ke-73 Korpaskhas, KSAU: Korpaskhas Harus Siap Hadapi Ancaman Senjata Nuklir, Biologi dan Kimia

Korpaskhas tidak hanya siap menjawab ancaman tugas di masa kini namun juga siap beradaptasi dan mengakuisisi kemampuan menghadapi tantangan masa depan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
HUT Ke-73 Korpaskhas, KSAU: Korpaskhas Harus Siap Hadapi Ancaman Senjata Nuklir, Biologi dan Kimia
Dinas Penerangan Angkatan Udara
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat memimpin upacara peringatan ke-73 Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU di Gedung Auditorium Denma Mabesau Cilangkap pada Jakarta Timur pada Sabtu (17/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meminta agar di hari jadinya yang ke-73, Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) harus siap menghadapi ancaman senjata nuklir, biologi, dan kimia.

Fadjar mengatakan sebagai pemimpin TNI AU, ia ingin membesarkan organisasi dan meningkatkan kemampuan Korpaskhas pada tingkat yang semakin tinggi.

Ia menegaskan korps baret jingga ini harus dapat terus berkontribusi bagi bangsa, serta memiliki kemampuan yang semakin diakui, sebagaimana pasukan khusus lainnya di dunia.

Korpaskhas, kata Fadjar, tidak hanya siap menjawab ancaman tugas di masa kini namun juga siap beradaptasi dan mengakuisisi kemampuan dalam menghadapi tantangan masa depan baik berupa ancaman militer, ancaman non-militer, maupun hibrid.

Baca juga: Komandan Korpaskhas TNI AU Nilai Penting Hadirnya Perpres Pelibatan TNI Atasi Aksi Terorisme

Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan ke-73 Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU di Gedung Auditorium Denma Mabesau Cilangkap pada Jakarta Timur pada Sabtu (17/10/2020).

"Secara khusus, melihat peningkatan spektrum ancaman dan kemajuan teknologi, prajurit Korpaskhas tentu juga harus siap dalam menghadapi ancaman persenjataan nuklir, radiologi, biologi, dan kimia, atau nubika," kata Fadjar dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara, Sabtu (17/10/2020).

Disamping itu, kata Fadjar, Korpaskhas juga harus mampu beradaptasi dengan segala perkembangan, khususnya melalui penyiapan kualitas SDM yang mumpuni dengan tanpa mengenal lelah.

"Panglima TNI sudah memerintahkan agar satuan elit TNI, baik darat, laut, maupun udara, agar disiapkan menghadapi ancaman senjata Nubika tersebut dimasa depan. Di TNI Angkatan Udara, hal tersebut salah satunya disiapkan melalui pengembangan kemampuan di dalam tubuh Korpaskhas," kata Fadjar.

Persiapan personal Korps Pasukan Khas TNI AU (Korpaskhas) yang akan diberangkatkan untuk membantu korban terdampak gempa bumi di Lombok, Senin (6/8/2018)
Persiapan personal Korps Pasukan Khas TNI AU (Korpaskhas) yang akan diberangkatkan untuk membantu korban terdampak gempa bumi di Lombok, Senin (6/8/2018) (Dok. Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma)

Fadjar menekankan kepada seluruh prajurit Korpaskhas untuk menanamkan mindset dalam setiap hati dan pikiran untuk terus berinovasi dan mengevaluasi agar Korpaskhas senantiasa tumbuh semakin hebat, semakin tangguh, dan semakin disegani.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas