Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pompeo Senang Datang Lagi ke Jakarta, Cari Cara Baru Kerjasama Terkait Laut China Selatan

Kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo ke Indonesia merupakan tur penutup di Asia, dia senang bisa kembali menginjakkan kaki ke Indonesia.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pompeo Senang Datang Lagi ke Jakarta, Cari Cara Baru Kerjasama Terkait Laut China Selatan
Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo tiba di Indonesia, Kamis (29/10) atau bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kunjungan ke Indonesia merupakan penutup dari tur Asia Pompeo.

Sebelumnya Pompeo datang ke India dan Sri Lanka.

Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China dalam mencari dukungan negara-negara di Asia, khususnya soal konflik Laut China Selatan, yang diklaim sebagai wilayah milik China.

Klaim tersebut ditentang oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Dalam cuitannya Pompeo mengaku senang kembali datang ke Jakarta.

"Senang bisa kembali ke Jakarta!," demikian ditulis Pompeo dalam akun Twitter resminya.

Presiden Joko Widodo (kiri) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo (kiri) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr (Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr)
BERITA REKOMENDASI

Pompeo disambut hangat di Istana Bogor oleh Presiden Joko Widodo.

Pompeo tiba di Istana Bogor sekira pukul 11.00 WIB, keduanya kompak mengenakan masker, Jokowi bermasker hitam, sementara Pompeo memakai masker dengan motif bendera AS.

Sebelum bertemu Jokowi, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, di kantor Kemlu, Jakarta.

Kunjungan Mike Pompeo merupakan kunjungan kedua setelah kunjungannya dua tahun silam, yakni pada tahun 2018.

“Kami menghargai kunjungan Anda di tengah masa pandemi yang menantang ini. Ini mencerminkan komitmen kuat Anda untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia,” kata Menlu pada Pompeo di konferensi pers virtual.

Baca juga: Menlu AS Temui Menlu Retno, Ini Sederet Isu yang Dibahas

Menlu Retno mengatakan bahwa pertemuannya dengan Pompeo dilakukan di tanggal yang penting, dimana umat muslim seluruh dunia tengah memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw, termasuk di Indonesia.

Retno mengungkapkan pertemuannya dengan Pompeo membahas sejumlah isu baik dari sisi bilateral, regional serta pada aspek multilateral.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas