Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Indo Barometer: 64,6 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi, 40,8 Persen untuk Ma'ruf Amin

64,6 persen publik merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Sementara, publik yang merasa tidak puas mencapai 33,1 persen.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Survei Indo Barometer: 64,6 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi, 40,8 Persen untuk Ma'ruf Amin
Tangkap layar channel YouTube KompasTV
Jokowi saat sampaikan janji-janjinya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Indo Barometer merilis hasil survei nasional terkait Kinerja 1 Tahun Jokowi-Maruf Amin dan Covid-19 di Indonesia'.

Survei yang dilakukan Indo Barometer secara nasional pada 10 – 17 Oktober 2020 ini menunjukkan bahwa 64,6 persen publik merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara, publik yang merasa tidak puas dengan kinerja setahun Presiden Jokowi mencapai 33,1 persen. Dan 2,3 persen publik tak mau menjawab dan tak tahu.

"Jika dibandingkan dengan survei September 2015, 1 tahun awal periode, ini merupakan peningkatan di mana kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo sebesar (46.0 persen). Yang tidak puas (51,1 persen). Tidak tahu/tidak jawab (3.0 persen)," tulis Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari melalui keterangan yang diterima Tribunnews, Rabu (4/11/2020) malam.

Lalu, responden yang menyatakan puas dan sangat puas memiliki beragam alasan.

Beberapa di antaranya yang paling banyak responden menilai Jokowi telah bekerja secara nyata, merakyat dan banyak pembangunan infrastruktur.

BERITA TERKAIT

"Lima alasan publik puas dengan kinerja Presiden Jokowi adalah: mempunyai hasil kerja nyata (27,1 persen), Jokowi orangnya merakyat (20,1 persen), banyaknya pembangunan infrastruktur (19 persen), Jokowi orangnya baik dan sederhana (7,1 persen), dan pembangunan desa sampai wilayah tertinggal (5,9 persen)," tambahnya.

Baca juga: Kontras: Tak Ada Harapan Bicara HAM di Pemerintahan Jokowi

Sementara, masyarakat yang mengaku tidak puas menilai kebijakannya menguntungkan pihak tertentu, persepsi banyak pekerja asing, perekonomian Indonesia menurun dan terbatasnya lapangan kerja.

"Lima alasan publik tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi adalah: kebijakannya menguntungkan pihak tertentu (16,4 persen), banyak pekerja asing (13,4 persen), perekonomian Indonesia menurun (13,1 persen), lapangan pekerjaan terbatas (11,6 persen), dan kesejahteraan masyarakat menurun (7,6 persen)," paparnya.

Sedangkan, sebanyak 40,8 persen responden menilai puas dengan kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Lalu, ada sebanyak 47,4 responden menyatakan tidak puas. Dan responden yang tidak tahu atau tak menjawab 11,8 persen.

"Jika dibandingkan dengan survei September 2015, tingkat kepuasan publik terhadap kerja Wapres Jusuf Kalla sebesar 42,1 persen. Yang tidak puasa 52,9 persen dan tidak tahu atau tak menjawab sebesar 5,2 persen," terang rilis itu.

Sementara, responden yang merasa puas dengan kinerja Wapres Ma'ruf Amin memiliki alasan beragam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas