Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menko PMK Ungkap Lima Indikator Capaian Gerakan Nasional Revolusi Mental 2020-2024

Menko PMK Muhadjir Effendy paparkan lima indikator keberhasilan pemerintah dalam mencapai target Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Menko PMK Ungkap Lima Indikator Capaian Gerakan Nasional Revolusi Mental 2020-2024
TRIBUNNEWS/DANANG TRIATMOJO
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Graha BNPB, Matraman, Jakarta, Senin (2/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan ada lima indikator program yang dapat menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam mencapai target GNRM 2015-2019.

Indikator tersebut di antaranya, adalah program Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, ketiga Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

"Hasil evaluasi program revolusi mental tahun 2020, kita masih perlu kerja keras untuk mencapai target yang sudah kita lakukan bersama. Tapi apa yang sudah didapatkan hari ini bisa jadi modal untuk penyempurnakan program berikutnya," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Rabu (11/11/2020). 

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Tetap Salurkan Bansos di Tahun 2021

Ia menyebutkan beberapa capaian dari lima indikator program GNRM tahun 2015-2019.

Pertama, capaian Gerakan Indonesia Melayani melalui perubahan rekrutmen Aparatur Sipil Negara berbasis Computer Based Test, peningkatan layanan dasar berbasis masyarakat, serta layanan publik berbasis online.

Kedua, capaian Gerakan Indonesia Bersih salah satunya mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), serta keberhasilan tata kelola lahan gambut untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang ditandai dengan 93,6% penurunan titik api.

Ketiga, capaian Gerakan Indonesia Tertib yakni sekitar 80% pengaduan masyarakat berhasil terselesaikan dengan memanfaatkan jaringan komunikasi elektronik. 

Menko PMK Muhadjir Effendy.
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Istimewa/ Humas Kemenko PMK)

Keempat, capaian Gerakan Indonesia Mandiri dengan menghadirkan berbagai kemudahan akses ekonomi bagi masyarakat termasuk penyediaan modal kewirausahaan.

Kelima, capaian Gerakan Indonesia Bersatu yakni menjalankan pemerintahan berazaskan gotong-royong, meningkatnya kerukunan umat beragama, penanganan berita hoaks, dan juga kolaborasi adat budaya di daerah.

"Terlepas dari hambatan pelaksanaan GNRM yang kita lakukan, Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) di 2018 sebesar 67,01. Ini yang harus dan akan terus kita tingkatkan pencapaiannya dengan melihat persepsi masyarakat untuk mendukung tercapainya lima dimensi GNRM," tutur Muhadjir.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas