Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG Peringatan Dini Cuaca Jumat, 13 November 2020: Pulau Jawa Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir pada Jumat (13/11/2020).

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in BMKG Peringatan Dini Cuaca Jumat, 13 November 2020: Pulau Jawa Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin
Tribunnews.com
Ilustrasi - peringatan dini cuaca untuk Jumat, 13 November 2020. Waspada hujan lebat dan angin kencang di Pulau Jawa. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia untuk hari ini, Jumat (13/11/2020).

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang.

Untuk wilayah Jawa Barat hingga Jawa Timur berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir.

Sementara itu, wilayah DKI Jakarta diperkirakan terjadi hujan hingga disertai angin kencang, kilat/petir.

Baca juga: BMKG Rilis Peringatan Cuaca Ekstrem Jumat, 13 November: Waspada 17 Wilayah Hujan Lebat

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Jumat 13 November 2020: 7 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Petir & Angin Kencang

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Kamis (12/11/2020), menyampaikan adanya Siklon Tropis VAMCO terpantau di Filipina bagian Utara.

Siklon Tropis VAMCO bergerak ke arah barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 55 kt dan tekanan 985 mb.

Sistem ini secara tidak langsung menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang dari Kalimantan Barat bagian Timur, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Laut Sulu hingga Filipina bagian Barat.

BERITA TERKAIT

Serta membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan Timur Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat bagian Utara.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat siklon tropis dan di sepanjang daerah pertemuan serta daerah konvergensi tersebut, yakni di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Baca juga: Info BMKG: Peringatan Dini Jumat, 13 November 2020, Waspada Cuaca Ekstrem Terjadi di 23 Wilayah

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jabodetabek Besok, Jumat 13 November 2020: Depok dan Kota Bogor Hujan Petir

Sistem ini juga menyebabkan terbentuknya low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 kt yang memanjang dari Filipina hingga perairan Barat Filipina bagian Utara hingga Laut Cina Selatan bagian Utara.

Kondisi ini dapat meningkatkan kecepatan angin dan pertumbuhan awan hujan di sekitar low level jet tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan Utara Papua (lapisan 925-850 hPa), yang membentuk daerah konvergensi di sekitar sistem sirkulasi siklonik tersebut.

Warga menggunakan payung saat hujan turun di Kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2020). Memasuki musim penghujan, curah hujan yang tinggi dan angin kencang mulai melanda Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tiga hari ke depan. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)
Warga menggunakan payung saat hujan turun di Kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2020). Memasuki musim penghujan, curah hujan yang tinggi dan angin kencang mulai melanda Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tiga hari ke depan. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) (WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha)

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Jumat (13/11/2020).

Daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas