Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri Idham Azis Sampaikan Instruksi Penting Ini Kepada 8 Kapolda yang Baru Dilantik

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menginstruksikan 8 penjabat Kapolda yang baru dilantik untuk bisa menjalankan 3 program penting dalam waktu dekatnya.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kapolri Idham Azis Sampaikan Instruksi Penting Ini Kepada 8 Kapolda yang Baru Dilantik
istimewa
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis resmi melantik 8 orang penjabat Kapolda baru di Gedung Rupatama Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta Selatan pada Jumat (20/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menginstruksikan 8 penjabat Kapolda yang baru dilantik untuk bisa menjalankan 3 program penting dalam waktu dekatnya.

Yang pertama, mantan Kabareskrim tersebut mengimbau agar seluruh Kapolda untuk mulai mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2020.

"Jadi pak Kapolri telah menyampaikan beberapa hal. Yang pertama terkait perintah Kapolda yang menjabat agar segera mempersiapkan seluruhnya untuk melaksanakan pilkada serentak yang akan direncanakan pada tanggal 9 Desember 2020," kata Karo Penmas Humas Polri Brigjen Awi Setyono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Selain itu, Idham Azis juga mengimbau agar seluruh jajarannya netral dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Ia meminta tidak ada boleh ada satu pun kasus penegak hukum berpihak kepada salah satu pasangan calon.

"Terakhir dalam amanatnya Kapolri telah meminta mempersiapkan juga pengamanan natal dan tahun baru. Bagaimanapun dalam situasi pandemi covid-19, kegiatan keagamaan teman teman kita yang beragama nasrani yang merayakan natal dan kemudian perayaan tahun baru itu panjang dan menjadi prioritas pengamanan Polri," jelasnya.

Di sisi lain, ia meminta seluruh Kapolda dapat melakukan pengamanan kegiatan yang bersifat empati dan simpatik. Termasuk dalam penegakan hukum pelanggar protokol kesehatan.

"Kegiatan pemberian bantuan bansos masker hand sanitizer dan tentunya sangat membantu sekali terhadap pencegahan maupun pemutusan penularan Covid 19," pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis resmi melantik 8 orang penjabat Kapolda baru di Gedung Rupatama Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta Selatan pada Jumat (20/11/2020). 

Baca juga: Usai Serah Terima Jabatan di Mabes Polri, Eks Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana Bungkam

Prosesi serah terima jabatan itu dilaksanakan secara tertutup dengan mematuhi sejumlah protokol kesehatan. Adapun rotasi jabatan itu berdasarkan surat Telegram Rahasia (TR) nomor ST/3222/XI/KEP./2020 per tanggal 16 November 2020.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis resmi melantik 8 orang penjabat Kapolda baru di Gedung Rupatama Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta Selatan pada Jumat (20/11/2020). 
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis resmi melantik 8 orang penjabat Kapolda baru di Gedung Rupatama Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta Selatan pada Jumat (20/11/2020).  (istimewa)

"Dilaksanakan sertijab terkait mutasi beberapa waktu lalu keluar TR 3222 pada tanggal 16 November 2020. Hari ini diserahterimakan ada 8 jabatan Kapolda kemudian ada 3 lagi dari kororsahli Kemudian Kadiv Propam dan terakhir Aslog kapolri," kata Karo Penmas Humas Polri Brigjen Awi Setyono di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Dalam arahannya, Awi mengatakan Kapolri Idham Azis memerintahkan agar para Kapolda mempersiapkan personelnya dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020 hingga natal dan tahun baru 2021.

"Dalam arahannya bapak Kapolri menyampaikan beberapa hal terkait perintah kepada para Kapolda yang sudah menjabat agar segera mempersiapkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan pilkada serentak yang akan direncanakan tanggal 9 Desember 2020. Kedua bapak Kapolri juga menekankan pada para Kapolda untuk memastikan bahwasannya seluruh anggota untuk menjaga netralitas polri dalam pilkada serentak," tukasnya.

Adapun sejumlah perwira tinggi Polri yang dilantik hari ini, rinciannya sebagai berikut:

1. Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri yang menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas