Tribun

Munas MUI

Anies Puji MUI yang Gelar Munas di Masa Pandemi Covid-19 : Sesuai Protokol Kesehatan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuji penyelanggaraan musyawarah nasional (Munas) Majelis Ulama Indonesia

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Anies Puji MUI yang Gelar Munas di Masa Pandemi Covid-19 : Sesuai Protokol Kesehatan
MUI
Konferensi pers virtual gelaran Munas MUI ke-X, Senin (23/11/2020). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuji penyelanggaraan musyawarah nasional (Munas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-X, di Hotel Sultan, Jakarta.

Dalam pembukaan munas yang digelar pada Rabu malam (25/11/2020) ia mengatakan MUI telah displin dalam penerapan protokol kesehatan untuk mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Saya ingin sampaikan secara khusus apresiasi kepada MUI dan panitia Munas yang telah menegakkan protokol kesehatan dengan baik.

Menurut ketentuan yang ada 50% kapasitas dalam ruangan dan sekarang hanya digunakan 20% kapasitas.

Ini menunjukkan kehati-hatian dan keseriusan dalam menghadapi pandemi ini," ungkap Anies.

Baca juga: Buka Munas X, Presiden Jokowi Minta MUI Kawal Program Vaksinasi Covid-19

Anies berharap pada penyelenggaraan munas yang berlangsung selama tiga hari ke depan, menjadi kesempatan bagi para alim ulama di seluruh Indonesia untuk menyebarkan kebiasaan-kebiasaan adaptasi baru seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak.

"Karena memang kita berbagi tugas di sisi pemerintah kami harus melakukan 3T (melakukan testing, tracing, dan treatment) tapi di sisi masyarakat terus 3M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Yang paling menantang adalah menjaga jarak," jelas mantan mendikbud ini.

Bagi Anies, penyelenggaraan kegiatan dengan membatasi peserta yang hadir dengan protokol kesehatan ketat, dapat menjadi contoh baik untuk pihak lainnya dalam penyelenggaraan kegiatan serupa.

Baca juga: PBNU Resmi Ajukan Miftachul Akhyar Jadi Kandidat Ketua MUI 2020-2025

"Karena itulah pertemuan-pertemuan yang sifatnya duduk menjadi memungkinkan untuk diselenggarakan dengan mengikuti protokol 3M.

Maka kami berharap para Ketua MUI dari seluruh wilayah Indonesia yang  Insyaallah ikut membantu, menggaungkan ke seluruh wilayah kepada umat, bahwa protokol kesehatan bisa ditegakkan dan acara bisa berlangsung dengan baik dan MUI bisa menjadi contoh," terang Anies.

Pembukaan munas MUI ke X diresmikan oleh presiden Jokowi melalui sambutan virtualnya.

Hadir di tempat langsung, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, Menteri Agama Fachrul Razi, serta sejumlah pejabat lain.

Baca juga: MUI Kecewa Kerja Keras 10 Bulan Dihancurkan oleh Kegiatan Kerumunan Dalam Satu Pekan Terakhir

Penyelenggaraan Munas kali ini bertepatan dengan pandemi Covid 19 sehingga dilakukan secara blanded system, yaitu on line dan off line.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat, seperti semua peserta off line harus di test swab, menggunakan masker, masing-masing peserta disiapkan 1 mic, dan tempat persidangan yang berjarak 1 - 1,5 meter.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas