Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAD Jenderal Andika Perkasa Minta Jajarannya Segera Operasikan Lab PCR Mobile dari Kemhan

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa meminta jajarannya segera mengoperasikan Laboratorium Polymerse Chain Reaction mobile dari Kementerian Pertahanan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in KSAD Jenderal Andika Perkasa Minta Jajarannya Segera Operasikan Lab PCR Mobile dari Kemhan
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta jajarannya segera mengoperasikan Laboratorium Polymerse Chain Reaction (PCR) mobile dari Kementerian Pertahanan.

Andika menyampaikan hal tersebut setelah menerima laporan dari jajarannya saat melaksanakan telekonferensi terkait penanganan covid-19.

Hal tersebut disampaikan Andika dalam tayangan TNI AD 60 Detik yang diunggah di kanal Youtube TNI AD pada Senin (7/12/2020).

"Harusnya minggu depan pada saat kita ketemu lagi hari Jumat, semuanya sudah operasional. Kalau saya dengar laporan dari tujuh rumah sakit, jadi Jumat depan saya ingin cek sekali lagi keseluruhan tentang kondisi terakhir termasuk stok reagent yang ada di masing-masing-masing rumah sakit baik yang didukung Lab PCR nya dari BNPB maupun dari Kementerian Pertahanan," kata Andika.

Sebelumnya Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Darat (Aslog KSAD) Mayjen TNI Jani Iswanto mengatakan personel TNI AD di tujuh dari 17 lokasi laboratorium Polymerse Chain Reaction (PCR) mobile yang telah diberikan Kementerian Pertahanan kepada TNI AD masih sedang dan akan melaksanakan pelatihan terkait pengoperasian lab tersebut.

Sedangkan, kata Jani, personel TNI AD di 10 lokasi lainnya telah selesai menjalani pelatihan tersebut.

BERITA TERKAIT

"Dari Kementerian Pertahanan, dari 17 lokasi ada tujuh yang sedang dan akan dilaksanakan pelatihan sedangkan yang lainnya sudah selesai," kata Jani.

Diberitakan sebelumnya Andika bersama jajarannya memantau pengadaan 17 laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) mobile yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan untuk 17 rumah sakit (RS) TNI AD melalui teleconference dengan seluruh Kakesdam dan Kazidam TNI AD.

Aslog KSAD Mayjen TNI Jani Iswanto melaporkan dari 17 RS TNI AD sudah 14 yang menerima alat Lab PCR Mobile.

Baca juga: Hasil Anies Baswedan Negatif Lalu Berubah Positif Dalam 2 Hari, Ini Beda Swab Antigen dan Swab PCR

Jani memgatakan untuk tiga RS lainnya akan menyusul menerima Lab PCR Mobile.

⁣Jani mengatakan sejumlah RS juga telah menerima kontainer di antaranya RS Bandar Lampung, Kemudian RS Bratanata Jambi, RS Kencana Serang, RS Soetarto Yogyakarta, RS Wijaya Kusuma Purwokerto, RS Baladhika Husada, RS Udayana Denpasar, dan RS Moh Ridwan.

"Dari kontainer yang sudah datang ini sekarang seluruhnya sedang dalam tahap instalasi, dan yang belum datang sudah dalam perjalanan," kata Jani dalam tayangan TNI AD 60 Detik yang diunggah di kanal Youtube resmi TNI AD pada Senin (2/11/2020). ⁣

Dalam kesempatan tersebut Andika juga sempat menanyakan terkait kendala teknis pemasangan kontainer kepada Kazidam II/Sriwijaya Kolonel Czi Tri Ambodo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas