Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Berpotensi Menangkan 16 dari 23 Pilkada di Sumut, Hasto: Mauliate Godang

Sekjen DPP PDI Perjuangan, menyikapi kemenangan sejumlah kader PDIP di Pilkada Sumatera Utara, termasuk di Pilwakot Medan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in PDIP Berpotensi Menangkan 16 dari 23 Pilkada di Sumut, Hasto: Mauliate Godang
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemenangan Bobby Nasution pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Medan menunjukkan betapa besarnya harapan rakyat kepada kader-kader PDI Perjuangan, yang selalu mengusung kepemimpinan muda membawa semangat pembaruan ke arah kehidupan yang lebih baik.

Demikian ditegaskan Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan, menyikapi kemenangan sejumlah kader PDIP di Pilkada Sumatera Utara, termasuk di Pilwakot Medan.

"Dan yang lebih menggembirakan lagi, tak hanya di Medan, harapan besar kepada kader PDI Perjuangan juga dialami oleh masyarakat Sumatera Utara di wilayah lain," ujar Hasto, Jumat (11/12/2020).




Berdasarkan hasil quick count dan real count, serta konsolidasi data oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), sejauh ini PDI Perjuangan memiliki potensi memenangkan 16 dari 23 pilkada 2020 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Bagi kami Sumut itu punya histori, kedekatan sejarah. Di Sumut Bung Karno pernah diasingkan, yang mengajarkan bagaimana para pemimpin bangsa mampu menghadapi tantangan dengan tegas, tidak cengeng, dan tegar," ujar Hasto.

"Di Kota Medan, ada jejak rezim otoriter yang berusaha menggagalkan proses demokratisasi partai. Namun itu justru semakin memperkuat gelombang demokratisasi yang diinspirasi oleh Ibu Megawati," kata Hasto menambahkan.

Dari 16 wilayah itu, Hasto mengatakan PDI Perjuangan memenangkan 12 Pilkada Serentak 2020 di Sumatera Utara yakni di Kota Medan, Serdang Bedagai (Sergai), Pematang Siantar, Toba Samosir (Tobasa), Phakpak Barat, Humbang Hasundutan (Humbahas), Gunung Sitoli, Nias Induk, Nias Selatan, Tapanuli Selatan, Tanjung Balai, dan Mandailing Natal (Madina).

BERITA TERKAIT

"Empat lainnya masih dihitung secara ketat dengan kemungkinan keluar sebagai pemenang tetapi selisih sedikit. Yakni di Tanah Karo, Nias Barat, Labuhan Batu Selatan (Labusel), serta Labuhan Batu Induk," ujar Hasto.

Menurut Hasto, tidak sia-sia DPP menugaskan Djarot Saiful Hidayat melakukan roadshow dan konsolidasi di pekan terakhir jelang pilkada dengan membawa semangat kebangsaan yang diinspirasi oleh Bung Karno.

"Tapi yang paling mengharukan adalah bahwa fenomena di Jawa Timur (Jatim) juga terjadi di Sumut. Di Jatim, dari 19 yang kami menangkan, 11 adalah kader murni partai. Di Sumut, dari 16, 11 adalah kader murni partai," kata Hasto.

Dengan demikian, kata Hasto, berarti kader murni PDI Perjuangan memang diyakini memberi harapan yang besar kepada masyarakat.

"Bukan hanya di Jatim tapi juga Sumut. Ini cerminan bahwa Sumut masih merah," katanya.

"Artinya juga, semakin banyak lagi kader kami yang berperan serta menambah persentase kemenangan parpol lain yang turut jadi pengusung," katanya.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan mengapresiasi pilihan warga Sumut terhadap kader murni  partai.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas