Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Diagendakan Hadir dan Buka Acara Puncak Hakordia 2020 yang Digelar KPK

KPK menggelar acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jokowi Diagendakan Hadir dan Buka Acara Puncak Hakordia 2020 yang Digelar KPK
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi Widodo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan hadir dan memberikan sambutan serta membuka kegiatan puncak Hakordia 2020 yang digelar secara virtual.

Kehadiran Jokowi dalam peringatan Hakordia tahun ini menjadi makna tersendiri lantaran sempat absen pada peringatan Hakordia 2019 lalu.

"Puncak rangkaian acara akan diselenggarakan secara daring dan luring terbatas di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Rabu 16 Desember 2020 pukul 08.00-12.00 WIB. Presiden direncanakan hadir dan membuka acara ini secara virtual," kata Plt Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati dalam keterangannya, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Relawan Yakin Jokowi Akan Reshuffle Kabinet dalam Waktu Dekat

Peringat Hari Antikorupsi Sedunia kali ini mengambil tema 'Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi'.

Dengan tema tersebut, KPK ingin menyampaikan perkembangan seluruh kegiatan yang telah dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

BERITA TERKAIT

KPK juga ingin memperkuat komitmen dan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Harus Pertimbangkan Matang Sebelum Tentukan Menteri

"Selain itu, memperluas keterlibatan masyarakat secara aktif dalam sosialisasi nilai-nilai antikorupsi sehingga dapat meningkatkan pemahaman termasuk dalam gerakan-gerakan pencegahan korupsi dan merencanakan tindak lanjut upaya pemberantasan tindak pidana korupsi pada seluruh pemangku kepentingan," kata Ipi.

Ipi mengatakan, bagi KPK peringatan Hakordia menjadi momentum meningkatkan peran serta masyarakat umum dalam pemberantasan korupsi.

Hal ini sesuai dengan visi KPK yakni “Bersama seluruh elemen bangsa, mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi”.

"Karena itu, kegiatan Hakordia 2020 secara aktif melibatkan seluruh pemangku kepentingan yakni, kementerian dan lembaga negara, pemerintah daerah, partai politik, Aparat Penegak Hukum, BUMN dan BUMD, dunia usaha, asosiasi, perguruan tinggi, media, dan tentu saja yang paling utama masyarakat sipil," katanya.

Baca juga: Jokowi Minta Kejaksaan Jadi Role Model Penegakan Hukum Profesional dan Berintegritas

Sejumlah kegiatan yang menjadi rangkaian Hakordia 2020 telah terselenggara.

Di antaranya kegiatan KPK Mendengar, Tujuh seri Diskusi Panel, Anti-Corruption Summit (ACS), Pilkada Berintegritas dan FGD Program Pendidikan Antikorupsi Parpol, Penertiban dan Optimalisasi Pemanfaatan Barang Milik Negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas