Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yenny Wahid Gandeng Perusahaan Teknologi dari Kesultanan Oman

Yenny Wahid menandatangani perjanjian kerja sama dengan Emerging Technology Company Oman (ETCO), perusahaan pengembang teknologi dari Kesultanan Oman.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Yenny Wahid Gandeng Perusahaan Teknologi dari Kesultanan Oman
Istimewa
Yenny Wahid saat menjalin kerja sama lewat pertemuan virtual. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Malvyandie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAYenny Wahid melalui perusahaannya PT Awadah Prima Investa menandatangani perjanjian kerja sama dengan Emerging Technology Company Oman (ETCO), perusahaan pengembang teknologi dari Kesultanan Oman.

Kedua pihak bersepakat mendirikan perusahaan patungan (joint venture) dengan nama Salam Tech Collaborative Venture atau Salam Tech.




Dalam keterangan yang diterima disebutkan, Salam Tech nantinya akan fokus memberikan layanan dan pengembangan teknologi canggih melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), mesin linguistik serta teknologi Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR) untuk menembus pasar lokal, pasar Asia dan pasar internasional.

Perjanjian kerja sama ditandatangani secara virtual, Kamis (24/12/2020), diikuti President Director PT Awadah Prima Investa Dhohir Farisi yang didampingi Yenny Wahid, Chairman Salam Tech Habib Ali Hasan Al-Bahar, dan CEO ETCO Abdulaziz Jaafar.

Baca juga: Aturan Vaksinasi Virus Covid-19 di Indonesia Resmi Terbit, Ini 6 Kelompok yang Diprioritaskan

Dalam proyek kolaborasi ini, kedua pihak setuju mencatatkan saham dengan besaran 51,1% untuk Awadah dan 48,9% untuk ETCO.

”Melalui penandatanganan perjanjian hari ini, kami setuju membentuk aliansi strategis dengan mendirikan perusahaan patungan bernama Salam Tech. Di perusahaan ini, PT Awadah Prima Investa dan ETCO berbagi investasi dan ekuitas untuk menjalankan kemitraan bersama memasuki pasar baru dan mengembangkan bisnis secara nasional dan internasional,” tutur Yenny Wahid dalam keterangan tertulis, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Kunjungan ke Abu Dhabi, Yenny Wahid Bertemu dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab

BERITA TERKAIT

Dalam kerja sama ini, menurut Yenny, kedua pihak akan berkolaborasi melakukan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi, hingga membuat sistem dan penyedia keamanan untuk semua aktivitas yang berkaitan dengan Salam Tech.

Kolaborasi juga mencakup pemanfaatan teknologi AR, VR dan AI untuk mengembangkan kegiatan terkait proyek yang telah disepakati serta melakukan berbagai kegiatan komunikasi untuk menembus pasar Indonesia dan pasar Asia.

”Awadah sudah sekian waktu mengerjakan berbagai proyek yang berhubungan dengan pemanfaatan AR, VR dan AI. Melalui kerja sama ini, ke depan kami juga akan mengambil peran sebagai implementator komunikasi untuk semua aktivitas yang berhubungan dengan Salam Tech,” ujar Yenny, yang juga direktur Wahid Foundation.

Baca juga: Menjadi Pembicara pada Sekolah Kebijakan Publik, Ini Pesan Yenny Wahid

Mengutip dokumen perjanjian prinsip kedua perusahaan, PT Awadah Prima Investa dan ETCO secara keseluruhan akan berkontribusi sebesar USD 4 juta untuk mendirikan Salam Tech.

Masing-masing pihak menyumbang USD 2 juta atau setara dengan Rp 30 miliar.

Kontribusi Awadah diwujudkan dalam bentuk asuransi Covid-19 bagi anggota komunitas pengguna program akuisisi platform digital ini.

Sedangkan ETCO memberikan kontribusi dalam bentuk uang tunai yang akan digunakan untuk membiayai kampanye komunikasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas