Tribun

Virus Corona

Pemerintah Larang WNA Masuk RI, Komisi IX : Keputusan Tepat Cegah Varian Baru Covid-19

Komisi IX DPR nilai pemerintah sudah mengambil keputusan yang tepat dengan melarang WNA masuk ke Indonesia mencegah penyebaran varian baru Covid-19.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Theresia Felisiani
Pemerintah Larang WNA Masuk RI, Komisi IX : Keputusan Tepat Cegah Varian Baru Covid-19
Istimewa/Tribunnews
Anggota MPR RI Fraksi PDIP Muchamad Nabil Haroen atau akrab disapa Gus Nabil dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (23/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi IX DPR menilai pemerintah sudah mengambil keputusan yang tepat dengan melarang warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia, dalam mencegah penyebaran varian baru virus Covid-19.

"Pemerintah bertindak tepat untuk mengontrol penyebaran virus Covid-19 yang bermutasi baru," ujar Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen kepada wartawan, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, varian baru Covid-19 memang mulai tersebar di Inggris dan beberapa negara Eropa. Sehingga, pemerintah Indonesia harus hati-hati untuk mengontrol persebaran virus tersebut. 

Baca juga: Korea Selatan Laporkan Temuan Varian Baru Virus Corona dari Inggris, Menimpa Satu Keluarga

Nabil menyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan terus bekerja keras untuk vaksin dan penanganan kesehatan demi melawan Covid-19.

"Warga tidak perlu cemas dan khawatir, tetap patuhi protokol kesehatan, jaga kebugaran tubuh sekaligus saling bantu, dalam penanganan pandemi ini," ucap politikus PDI Perjuangan itu. 

"Mari saling mendukung dan terus belajar untuk kebaikan bersama, melampaui pandemi ini," sambung Nabil.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menutup kedatangan WNA dari luar negeri per 1 Januari 2020.

Keputusan tersebut diambil melalui rapat kabinet terbatas yang dilakukan secara tertutup pada hari ini di Istana Kepresidenan,  Jakarta, Senin, (28/12/2020).

"Rapat kabinet terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara. Saya ulangi untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca juga: Pimpinan DPR: Antisipasi Varian Baru Covid-19 dengan Stay at Home dan Jalankan 3M

Penutupan tersebut berkaitan dengan berkembangnya varian strain virus Corona atau SARS-CoV-2 di sejumlah negara.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas