Tribun

KSAL Sebut Data yang Direkam Sea Glider, Benda Mirip Rudal untuk Keperluan Militer dan Industri

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan sea glider yang ditemukan nelayan di Perairan Pulau Bonerate pada umumnya digunakan untuk penelitian.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Anita K Wardhani
KSAL Sebut Data yang Direkam Sea Glider, Benda Mirip Rudal untuk Keperluan Militer dan Industri
Istimewa
Benda mirip rudal ditemukan seorang nelayan di Pulau Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan sea glider yang ditemukan nelayan di Perairan Pulau Bonerate pada Sabtu (26/12/2020) lalu pada umumnya digunakan untuk penelitian terkait kelautan atau hidro-oseanografi.

Yudo menjelaskan alat tersebut membawa sejumlah sensor yang dapat merekam antara lain kedalaman laut, arah arus, suhu, kadar oksigen, kesuburan laut, hingga suara ikan.

Meski demikian, pihaknya menurut Yudo belum mengetahui secara pasti data apa saja yang masih ada atau pernah dikirimkan dari alat tersebut.

Baca juga: KSAL Pastikan Benda Mirip Rudal yang Ditemukan Nelayan di Perairan Pulau Bonerate Sea Glider

Baca juga: Tidak Ditemukan Tulisan Apapun pada Sea Glider yang Ditemukan Nelayan di Perairan Pulau Bonerate

Yudo menungkapkan data tersebut pada umumnya bisa digunakan untuk sejumlah kepentingan di antaranya pertahanan dan industri.

Yudo menjelaskan pada umumnya data yang bisa digunakan untuk kepentingan pertahanan antara lain terkait kedalaman atau lapisan laut.

Data tersebut, kata Yudo, bisa digunakan untuk menentukan area laut yang memiliki tingkat kepekatan tertentu.

Pada tingkat kepekatan tertentu, kata Yudo, kapal selam dapat bersembunyi dari sonar kapal atas air.

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan inspeksi kesiapan unsur-unsur Koarmada I dari KRI Bung Tomo-357 pada Kamis (1/10/2020).
Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan inspeksi kesiapan unsur-unsur Koarmada I dari KRI Bung Tomo-357 pada Kamis (1/10/2020). (istimewa)

Hal tersebut disampaikan Yudo saat konferensi pers di Markas Pushidrosal Ancol Jakarta Utara pada Senin (4/12/2020).

"Tapi kalau pertahanan mungkin bisa digunakan data kedalaman atau layer laut. Di mana kapal selam supaya tidak bisa dideteksi dicari kedalamannya yang layer pekatnya atau tidak. Sehingga pada area yang pekat, kapal selam tersebut tidak bisa dideteksi oleh sonarnya kapal atas air," kata Yudo.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas