Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bersihkan Sungai di Kali Dadap, Yasonna Harap Masyarakat Peduli Lingkungan

Yasonna mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menaruh perhatian khusus pada isu kelestarian lingkungan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Bersihkan Sungai di Kali Dadap, Yasonna Harap Masyarakat Peduli Lingkungan
Ist
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Yasonna Laoly ikut turun ke lapangan untuk membersihkan sungai dalam rangka HUT Ke-48 PDIP yang mengangkat subtema 'Cinta Ciliwung Bersih'. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Yasonna Laoly ikut turun ke lapangan untuk membersihkan sungai dalam rangka HUT Ke-48 PDIP yang mengangkat subtema 'Cinta Ciliwung Bersih'.

Yasonna meninjau Kali Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/1/2021). Tiba di Kali Dadap, Yasonna langsung berkoordinasi dengan Camat setempat.

Yasonna mengeluhkan tentang sampah yang menumpuk di aliran sungai di bawah jembatan. Sejumlah kader PDIP pun tampak mengangkut sampah itu dari sungai.

Limbah rumah tangga yang berbahan plastik mendominasi sampah di kali tersebut.

Selain itu, ada juga perabotan rumah tangga seperti tilam dan sofa. Sampah material kayu dan besi juga terlihat di sana.

"Kami berharap mendidik masyarakat untuk tidak membuang sampah di sini. Ada sofa, ada segala macam sampah di kali ini, dan ini tidak baik untuk lingkungan hidup kita," kata Yasonna.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Yasonna Laoly pakai eskavator ikut turun ke lapangan membersihkan sungai dalam rangka HUT Ke-48 PDIP yang mengangkat subtema 'Cinta Ciliwung Bersih'.
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Yasonna Laoly pakai eskavator ikut turun ke lapangan membersihkan sungai dalam rangka HUT Ke-48 PDIP yang mengangkat subtema 'Cinta Ciliwung Bersih'. (Ist)

Yasonna mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menaruh perhatian khusus pada isu kelestarian lingkungan.

BERITA REKOMENDASI

Sejalan dengan itu, PDI Perjuangan menjadikan momentum hari ulang tahunnya untuk membersihkan sungai serentak di seluruh daerah Indonesia.

"Ibu Ketua Umum betul-betul  memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap lingkungan hidup. Maka menginstruksikan kepada seluruh DPP, DPD, DPC, untuk betul-betul mencintai ibu pertiwi melalui lingkungan hidup di samping tentunya program-program lainnya," kata Yasonna.

Pada kesempatan ini, Yasonna juga sempat menaiki eskavator untuk mengangkut sampah dari sungai ke daratan.

Baca juga: HUT Ke-48 PDIP, Risma Tanam Pohon Salak dan Kecapi Bersama Komunitas Ciliwung Condet

Menteri Hukum dan HAM itu juga mengharapkan kegiatan PDI Perjuangan itu bisa mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Dia juga mendorong pemerintah setempat untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kali Dadap ini.

Camat Kecamatan Kosambi Fahrurrozi mengatakan, permasalahan sampah di Kali Dadap ini perlu disiapkan alat berat. Sebab, apabila hujan turun, rawan terjadi banjir dan sampah pun meluap.

"Kami siap bersinergi dan menggalakkan sosialisasi masyarakat untuk tidak membuang sampah di Kali," jelas dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas