Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Kita Lakukan Upaya Terbaik untuk Temukan dan Selamatkan Para Korban

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas musibah jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi: Kita Lakukan Upaya Terbaik untuk Temukan dan Selamatkan Para Korban
Foto: Sekretariat Presiden 
Presiden Jokowi 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas musibah jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah ini,” ucap Jokowi dalam Keterangan Pers Presiden RI di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (10/1/2021), seperti dilansir dari Channel Youtube Sekretariat Presiden.

Atas kejadian ini, Presiden memerintahkan Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi, Kepala Basarnas dibantu TNI-Polri untuk melakukan operasi pencarian Pesawat Sriwijaya yang hilang dan korban. 

“Kemarin sore telah saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan, pada Kepala Basarnas yang dibantu oleh TNI dan Polri untuk segera melakukan operasi pencarian dan pertolongan yang secepat-cepatnya pada para korban,” ujar Presiden.

Baca juga: FOTO-FOTO H2 Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh, Denjaka Tunjukkan Serpihan Merah dan Biru

Presiden Jokowi memastikan pemerintah akan melakukan upaya terbaik untuk menemukan danmenyelamatkan para korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

“Kita melakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan para korban dan kita berdoa bersama-sama agar para korban bisa ditemukan,” jelas Jokowi.

Selain itu Presiden juga meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

BERITA TERKAIT

“Saya juga menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian dan penyelidikan terhadap musibah ini,” ujar Jokowi.

Menhub: Presiden Instruksikan Lakukan Upaya Pencarian Secara Maksimal

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah melakukan peninjauan di titik yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu.

Ia menuju lokasi tersebut menggunakan Kapal KRI John Lie milik TNI, bersama Panglima TNI dan Kabasarnas, Ketua KNKT, Direktur Utama Jasa Raharja serta Dirjen Perhubungan Udara.

Budi Karya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan instruksinya agar pencarian serta evakuasi para korban dan puing pesawat dilakukan secara optimal dengan menggandeng berbagai pihak terkait.

"Sekali lagi kami sampaikan duka mendalam atas terjadinya musibah ini. Pak Presiden telah menginstruksikan kami untuk melakukan upaya pencarian secara maksimal dan hari ini kami bersama stakeholder Basarnas, KNKT, TNI, Polri, dan lainnya akan melihat lokasi ditemukannya serpihan pesawat," ujar Budi Karya, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021) pagi.

Dalam kegiatan pencarian ini, Basarnas bertindak sebagai Komando pencarian dan pertolongan (search and rescue).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas