Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

10 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mematikan di Indonesia Sejak 1974

Indonesia merupakan tempat terburuk di Asia untuk bisnis penerbangan, dengan 104 kecelakaan dan 2.353 kematian terkait.

10 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mematikan di Indonesia Sejak 1974
WARTAKOTA/Henry Lopulalan
Tim Disaster Victim Identification (DVI) indetifikasi korban hasil pencarian TIM SAR di JICT, Tanjungpriuk, Jakarta Utara, Senin (11/1/2021).Total, Sejumlah korban meninggal dan 53 properti berupa pakaian korban, serpihan maupun pelampung milik pesawat SJ-182 berhasil ditemukan. (WARTAKOTA/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan 182 pada Sabtu (9/1/2021) sore adalah kejadian kelam lain dalam catatan keselamatan penerbangan Indonesia yang dinilai sudah buruk.

Melansir Bloomberg, Indonesia pernah mengalami beberapa insiden terkait dengan masalah keselamatan penerbangan di masa lalu.

Termasuk, perawatan yang buruk, pelatihan pilot, kegagalan komunikasi atau mekanis, dan masalah kontrol lalu lintas udara.

Data dari Jaringan Keselamatan Penerbangan menunjukkan, Indonesia merupakan tempat terburuk di Asia untuk bisnis penerbangan, dengan 104 kecelakaan dan 2.353 kematian terkait.

Apa yang menyebabkan penerbangan Sriwijaya Air 182 jatuh di Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas masih belum jelas.

Kemungkinan besar penyebabnya bisa terkuak setelah kotak hitam pesawat diambil dan diperiksa.

Tetapi dua hal yang diketahui, pesawat tersebut terbang dalam kondisi hujan lebat dan pesawatnya sudah berusia hampir 27 tahun.

Berikut adalah 10 kecelakaan pesawat paling mematikan di Indonesia, yang dilansir dari Bloomberg:

1. 22 April 1974:

Kecelakaan pesawat Pan Am dengan nomor penerbangan 812 di Bali. Jenis pesawatnya adalah 707-312B. Saat itu, pesawat mengangkut 107 penumpang.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas