Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Minggu, 17 Januari 2021: DKI Jakarta Hujan Lebat hingga Angin

Berikut ini BMKG peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hari ini, Minggu (17/1/2021), DKI Jakarta hujan lebat hingga angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Minggu, 17 Januari 2021: DKI Jakarta Hujan Lebat hingga Angin
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hari ini, Minggu (17/1/2021), waspada wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan lebat hingga angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hari ini, Minggu (17/1/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Aceh, di Samudra Pasifik utara Papua, di Samudra Hindia selatan NTB, dan di Teluk Carpentaria.

Hal tersebut menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Selat Malaka hingga perairan utara Aceh dan dari Teluk Carpentaria hingga Laut Arafuru bagian timur.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Papua Barat bagian utara, dari perairan selatan Jawa Timur hingga NTB, dari Selat Makassar bagian selatan hingga Laut Banda bagian barat, dari Laut Maluku hingga Laut Seram, serta dari Maluku bagian tenggara hingga perairan selatan Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: BMKG Prakiraan Cuaca di 33 Kota Minggu, 17 Januari 2021: 2 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Petir

Baca juga: Berikut Penjelasan BMKG Soal Banjir di Kalsel, Sebut Ada Curah Hujan Ekstrim yang Terjadi

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang hari ini, Minggu (17/1/2021) hingga Senin (18/1/2021).

Minggu, 17 Januari 2021

BERITA TERKAIT

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas