Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengintip Jumlah Harta Kekayaan Idham Azis dan Listyo Sigit, Siapa Paling Kaya?

Berikut perbandingan jumlah harta kekayaan Kapolri Idham Azis dan penggantinya, Listyo Sigit Prabowo. Siapa yang paling kaya?

Penulis: Sri Juliati
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Mengintip Jumlah Harta Kekayaan Idham Azis dan Listyo Sigit, Siapa Paling Kaya?
Tribunnews/HO/Humas DPR RI
Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) memberi hormat kepada Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis jelang fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Berikut perbandingan jumlah harta kekayaan Kapolri Idham Azis dan penggantinya, Listyo Sigit Prabowo. Siapa yang paling kaya? 

TRIBUNNEWS.COM - Penantian publik terkait siapa sosok jenderal yang akan menjadi Kapolri, akhirnya terjawab.

Dialah Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim Polri).

Listyo Sigit akan menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Keputusan Listyo Sigit menjadi Kapolri telah disetujui oleh DPR RI yang pada Rabu (20/1/2021) hari ini menggelar fit and proper test.

Baca juga: Pimpinan Komisi III DPR: Tidak Ada Alasan Apapun Menolak Listyo Sigit Jadi Kapolri

Baca juga: Polwan yang Dampingi Listyo di Fit & Proper Test Bukan Orang Sembarangan, Jadi ketua Polwan Sedunia

Menariknya, jelang uji kepatutan dan kelayakan di DPR, Senayan, Jakarta, Idham Azis turut mengantarkan calon penggantinya tersebut.

"Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi Polri, pergantian kepemimpinan Polri adalah suatu keniscayaan," kata Idham, dikutip dari Kompas.com.

Idham mengatakan ingin memberikan contoh, regenerasi di tubuh Polri sudah semestinya berjalan baik dan mulus.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, keputusan presiden sebagai pimpinan tertinggi Polri harus dilaksanakan.

"Dengan saya mengantar beliau ini merupakan tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya sehingga dalam internal solid," tuturnya.

Menilik dari rekam jejak keduanya, baik Idham Azis maupun Listyo Sigit duduk di jabatan yang sama sebelum diangkat menjadi Kapolri.

Keduanya sama-sama menduduki posisi Kabareskrim dan berpengalaman di bidang reserse.

Sama seperti pejabat negara lainnya, Idham Azis dan Listyo Sigit juga wajib melaporkan daftar harta kekayaannya kepada KPK.

Baca juga: Gaji dan Tunjangan Komjen Listyo Sigit per Bulan, Kabareskrim yang Disetujui DPR sebagai Kapolri

Baca juga: Tak Perlu Menilang, Listyo Sigit Ingin Pelanggar Lalu Lintas Dihukum Pakai Sistem Elektronik

Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) bersama Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis (kiri) jelang fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.
Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) bersama Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis (kiri) jelang fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun. (Tribunnews/HO/Humas DPR RI)

Lantas, siapa yang paling kaya di antara Idham Azis dan Listyo Sigit?

Dikutip dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Idham Azis terakhir melapor harta kekayaannya pada 22 Maret 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas