Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Politisi PKB: Indonesia Bisa Jadi Mercusuar Energi Terbarukan

Banyak negara di Eropa maupun Amerika yang telah menginvestasikan miliaran dolar untuk pengembangan energi terbarukan.

Politisi PKB: Indonesia Bisa Jadi Mercusuar Energi Terbarukan
Ist
Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR Fathan Subchi saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Pembentukan Badan Pelaksana Energi Baru Terbarukan, Perlukan Dilakukan? di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Potensi energi terbarukan di Indonesia begitu besar.

Sayangnya hingga saat ini potensi tersebut masih belum tergarap maksimal.

Keberadaan Badan Pengelola Energi Baru Terbarukan (BPEBT) bakal mampu mengekselarasi percepatan penggunaan energi terbarukan di Indonesia sehingga mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

“Dengan potensi yang kita miliki Indonesa bisa menjadi mercusuar pemanfaatan energi terbarukan. Maka dibutuhkan adanya Lembaga khusus yang bisa mempercepat studi maupun investasi pengunaan energi baru terbarukan di Indonesia seperti BPEBT,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR Fathan Subchi saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Pembentukan Badan Pelaksana Energi Baru Terbarukan, Perlukan Dilakukan?" yang diadakan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Hadir dalam FGD tersebut Anggota Komisi VII DPR dari FPKB Ratna Juwita Sari, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi, Kementerian ESDM Dadan Kusdana dan Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) Suryadarma.

FGD bertajuk "Pembentukan Badan Pelaksana Energi Baru Terbarukan, Perlukan Dilakukan?" ini merupakan bagian dari diskusi mingguan yang digelar oleh Fraksi PKB DPR.

Baca juga: Terbitnya Aturan Energi Baru Terbarukan Diproyeksi Tekan Ketergantungan pada Sumber Energi Fosil

Fathan mengatakan saat ini di banyak negara di dunia telah terjadi tren transisi energi dari fosil ke energi terbarukan.

Banyak negara di Eropa maupun Amerika yang telah menginvestasikan miliaran dolar untuk pengembangan energi terbarukan.

Bahkan China, India, dan Singapura secara serius mengembangkan energi terbarukan dari tenaga surya maupun tenaga angin.

"Transisi energi dari fosil ke energi terbarukan memang tidak bisa dihindarkan mengingat kian menipisnya cadangan minyak dunia dan tuntutan agar masyarakat dunia secara serius aktif terlibat dalam konservasi lingkungan hidup,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas