Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenhub Mengimbau Para Operator Transportasi Agar Mewaspadai Cuaca Ekstrem

Menurut Budi, faktor cuaca sendiri merupakan salah satu hal penting untuk aspek keselamatan di moda transportasi

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemenhub Mengimbau Para Operator Transportasi Agar Mewaspadai Cuaca Ekstrem
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Awan Cumulonimbus menyelimuti perairan Teluk Jakarta di kawasan perairan kepulauan Seibu, Jakarta, Minggu (10/01/2021). Perairan Teluk Jakarta sejak beberapa hari terakhir diselimuti cuaca ekstrem yang berbahaya bagi pelayaran dan penerbangan seputar Kota Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta, para pemangku kepentingan transportasi agar dapat mewaspadai cuaca ekstrim yang diprediksi akan terjadi hingga April 2021 mendatang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya mengimbau para operator transportasi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem ini untuk keselamatan penumpang.

Selain itu ia juga menyebutkan, imbauan ini tidak hanya untuk para operator transportasi tetapi untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan agar lebih mencermati situasi cuaca saat ini.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem di Perairan Maluku, Kemenhub Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran

"Kami mengajak para operator transportasi dan masyarakat untuk saling waspada, terhadap cuaca ekstrem ini agar aspek keselamatan dan pelayanan transportasi tetap berjalan maksimal," ucap Budi dalam diskusi virtual, Rabu (3/2/2021).

Menurut Budi, faktor cuaca sendiri merupakan salah satu hal penting untuk aspek keselamatan di moda transportasi baik darat, laut, udara maupun perkeretaapian.

"Tentunya untuk mengantisipasi cuaca ekstrim ini, perlu adanya koordinasi dari berbagai pihak mulai dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), operator sarana transportasi, stakeholder terkait dan juga masyarakat," kata Budi.

Baca juga: Analisis BMKG Soal Fenomena Curah Hujan Ekstrem yang Sebabkan Banjir di Kalimantan Selatan

BERITA REKOMENDASI

Untuk itu, lanjut Budi, semua pihak harus mampu mengantisipasi cuaca ekstrim saat karena menyangkut keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa serta operator transportasi.

"Kami di Kemenhub, tentunya memiliki peran penting untuk melaksanakan bidang keselamatan transportasi. Maka dari itu, kami imbau agar selalu waspada dan memperhatikan cuaca yang ekstrem ini," ucap Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas