Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Indikator Kuartal I Membaik, PKB Minta Optimalisasi Dana PEN

Selain itu penerapan PPKM Mikro juga berkontribusi terhadap upaya pengendalian Covid-1 tanpa menganggu aktivitas ekonomi makro.

Indikator Kuartal I Membaik, PKB Minta Optimalisasi Dana PEN
istimewa
Ketua DPP PKB bidang Ekonomi dan Perbankan, Fathan Subchi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi dalam kuartal I/2021 menunjukkan perbaikan signifikan setelah kuartal IV/2020 terkontraksi 2,19% dibandingkan periode yang sama di 2019.

Meningkatnya pergerakan masyarakat, laju inflasi yang positif terkendali, hingga ramainya pusat-pusat perbelanjaan menjadi sinyal positif bagi meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

“Kami melihat ada pergerakan positif dalam pertumbuhan ekonomi di kuartal I ini. Kami berharap berbagai indikator positif akan terus bergerak sehingga asumsi makro pertumbuhan ekonomi yang dipatok dalam APBN 2021 di kisaran 4,5%-5,5% bisa tercapai di akhir kuartal IV/2021,” ujar Ketua DPP PKB Bidang Keuangan dan Perbankan, Fathan Subchi, Senin (15/3/2021).

Dia menjelaskan turunnya kasus aktif harian Covid-19 serta antusiasme tinggi terhadap program vaksinasi memberikan kontribusi positif bagi pergerakan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Indonesia Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif ASEAN

Selain itu penerapan PPKM Mikro juga berkontribusi terhadap upaya pengendalian Covid-1 tanpa menganggu aktivitas ekonomi makro.

“Berbagai program pengendalian Covid-19 bisa kembali menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha agar ekonomi kembali bergairah,” katanya.

Fathan menilai sektor konsumsi akan menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi kuartal I/2021.

Sektor konsumsi rumah tangga diperkirakan akan tumbuh di kisaran 1,6%-2,1%. Sedangkan belanja pemerintah bisa tumbuh di kisaran 4%-5%.

“Dengan berbagai indikator tersebut kami memprediksi kuartal I/2021, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 1,6-2,1%. Kita lihat nanti realisasinya di akhir bulan ini karena Maret akan menjadi bulan terakhir perhitungan triwulan pertama” katanya.

Wakil Ketua Komisi XI DPR ini berharap agar berbagai indikator positif pertumbuhan ini dipertahankan di bulan-bulan mendatang.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas