Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PMO Kartu Prakerja Klaim  Sudah Jalankan Semua Rekomendasi KPK

Semua pelaksanaan Program Kartu Prakerja sudah sesuai prosedur termasuk soal penunjukan mitra yang bukan merupakan bentuk pengadaan barang dan jasa

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in PMO Kartu Prakerja Klaim  Sudah Jalankan Semua Rekomendasi KPK
TRIBUNNEWS.COM/SRI JULIATI
Seorang warga mengakses situs resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 resmi dibuka pada Kamis (11/3/2021) hari ini pukul 12.00 WIB. Link pendaftaran tetap dengn login di www.prakerja.go.id, kuota yang tersedia 600 ribu. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA  - Program Kartu Pra Kerja yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah genap berjalan satu tahun ditandai dengan terbentuknya Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Pra-Kerja pada  17 Maret  2020 lalu.

"Di awal program ini hanya ada 15 orang dan ini dilaunching tepat 60 hari pada tanggal 11 April 2020 hingga gelombang ke-14, saat ini pendaftarnya mencapai 55,6 juta dari 514 kabupaten kota di 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke dari miangas sampai Pulau Rote," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (17/3/2021).




Dalam perjalanannya Program Kartu Pra Kerja terus melakukan perbaikan.

Bulan Juni 2020, KPK pernah meminta pemerintah memperbaiki Program Kartu Prakerja secara menyeluruh sesuai rekomendasi mereka. 

KPK menyatakan menemukan empat aspek permasalahan dalam tata laksana program yang perlu diperbaiki sebelum melanjutkan program, antara lain proses pendaftaran, kemitraan dengan digital platform, materi pelatihan, dan pelaksanaan program.

Pihak KPK menjelaskan, salah satu permasalahan disebabkan karena desain Program Kartu Prakerja sesuai Perpres Nomor 36 Tahun 2020 disusun untuk kondisi normal.

Baca juga: Bertahan di Era Pandemi, SAS Designs Tawarkan Home Service Untuk Seluruh Indonesia

BERITA TERKAIT

Namun, dalam situasi pandemi Covid-19, program ini kemudian diubah menjadi semi-bantuan sosial.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah menerima surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memastikan bahwa Program Kartu Prakerja sudah tidak memiliki masalah.

Artinya, semua rekomendasi KPK terkait tata laksana pada Program Kartu Prakerja telah dilaksanakan dengan baik.

"Deputi Pencegahan KPK, Bapak Pahala Nainggolan, telah mengirimkan surat kepada kami pada tanggal 2 Maret 2021.

(Isinya menyebutkan) semua rekomendasi KPK telah dilaksanakan oleh kami dan semua case closed,” kata Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari,  Selasa kemarin (16/3/2021).

Denni pun memastikan bahwa semua pelaksanaan Program Kartu Prakerja sudah sesuai prosedur termasuk soal penunjukan mitra dalam Program Kartu Prakerja yang bukan merupakan bentuk pengadaan barang dan jasa (PBJ) pemerintah.

Baca juga: KPK Duga Penyanyi Betty Elista Terima Uang dari Edhy Prabowo

"Seperti yang ditegaskan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang perubahan atas Perpres Nomor 36 Tahun 2020 mengenai Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, bahwa keberadaan pelatihan bukan merupakan PBJ yang harus melalui tender," ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas