Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Chyntiara Alona, KPAI Minta Kemenparekraf Beri Perhatian Khusus

Ketua KPAI Susanto meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan perhatian khusus soal ini.

Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Chyntiara Alona, KPAI Minta Kemenparekraf Beri Perhatian Khusus
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Bintang film dan model Cynthiara Alona ditangkap Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan prostitusi online. Cynthiara Alona dihadirkan saat polisi menggelar jumpa pers 'Pengungkapan Kasus Eksploitasi Anak'. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali menyoroti soal kasus prostitusi anak yang melibatkan model Cynthiara Alona sebagai pemilik hotel.

Ketua KPAI Susanto meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan perhatian khusus soal ini.

"Karena di peraturan menteri pariwisata 2013 yang direvisi 2019 itu di antaranya adalah standar hotel itu harus memuat satu produk layanan dan pengelolaan," kata Susanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/3/2021).

Pasalnya, Susanto menyebut kasus prostitusi yang diungkap di hotel ini bukan yang pertama.

"Beberapa waktu lalu yang diungkap oleh Polda metro Jaya juga TKP di beberapa hotel," lanjutnya.

Baca juga: Terbongkar! Praktik Prostitusi Online di Hotel Milik Cynthiara Alona, Pasang Tarif hingga Rp 1 Juta

Hotel Alona diduga sudah berganti nama. Hotel milik artis Cynthiara Alona yang diduga dijadikan sarang prostitusi di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Jumat (19/3/2021).
Hotel Alona diduga sudah berganti nama. Hotel milik artis Cynthiara Alona yang diduga dijadikan sarang prostitusi di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Jumat (19/3/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Menurutnya, Susanto menambahkan dengan marak kasus anak di perhotelan, Kemenparekraf dan asosiasi terkait bisa memasukkan aspek perlindungan dalam peraturan di tingkat kementerian.

"Kenapa ini penting? semangatnya adalah untuk memperketat. Hotel bisa tumbuh, tapi anak tidak boleh jadi korban kepentingan operasional," pungkasnya.

Sebelumnya, artis sekaligus model Cynthiara Alona ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi usai dirinya membiarkan kasus prostitusi terjadi di hotelnya di kawasan Kreo, Tangerang.

Atas tindakannya tersebut, dia dijerat hukuman pasal berlapis, yakni Pasal 76 I juncto Pasal 88 Undang-Undang RI Nomor 17 tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 2 ayat 1 UU RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan atau Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 296 KUHP dan atau Pasal 506 KUHP.

"Ancamannya 10 tahun penjara," kata kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas