Tribun

IPW Minta Kapolri Kerahkan Satgas Anti Mafia Bola di Piala Menpora 2021

Neta S Pane, meminta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengerahkan Satgas Anti Mafia Bola dalam gelaran Piala Menpora 2021.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Gigih
zoom-in IPW Minta Kapolri Kerahkan Satgas Anti Mafia Bola di Piala Menpora 2021
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, meminta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengerahkan Satgas Anti Mafia Bola dalam gelaran Piala Menpora 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, meminta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengerahkan Satgas Anti Mafia Bola dalam gelaran Piala Menpora 2021.

Tidak hanya untuk mencegah adanya praktik pengaturan skor dan sebagainya, Neta juga berharap Satgas Anti Mafia Bola bertugas untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes).

"IPW berharap Kapolri bisa menggerakkan Satgas Anti Mafia Bola yang dimiliki Polri untuk mengawasi hal ini, selain agar piala Menpora bersih dari manuver mafia bola."

"Satgas juga bisa mengontrol ketaatan prokes di dalam even itu," ungkap Neta saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (22/3/2021).

Neta menyebut hal ini penting, mengingat sudah ada kasus Covid-19 di lingkungan sepakbola nasional, yakni pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Shin Tae-yong sebagai pelatih nasional sudah terkena Covid sehingga antisipasi terhadap keberadaan Covid-19 di dunia sepakbola nasional perlu diantisipasi agar tidak menyebar," ungkap Neta.

Baca juga: Shin Tae-yong Positif Covid-19, Bagaimana Kondisi Timnas U-23 Indonesia?

Baca juga: IPW: Jika Suporter Nekat ke Stadion, Polri Harus Setop Piala Menpora 2021

Sementara itu diketahui IPW tidak menyetujui penyelenggaraan Piala Menpora 2021 di tengah pandemi Covid-19.

"Meski IPW tidak setuju Piala Menpora dilakukan di saat pandemi Covid-19, tapi karena evennya tetap berlangsung, IPW berharap Polri yang memberi izin pelaksanaannya harus tetap melakukan kontrol yang ketat," ungkap Neta.

"Terutama mengenai protokol kesehatan agar Piala Menpora tidak menjadi klaster baru Covid-19," imbuhnya.

Minta Polri Cabut Izin Jika Suporter Nekat

Lebih lanjut, Neta jga mendesak pihak Polri untuk menghindari hadirnya suporter ke stadion dalam penyelenggaraan Piala Menpora 2021.

Hal ini terkait beredarnya video oknum suporter yang nekat hadir di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/3/2021), jelang laga pembuka Piala Menpora 2021.

Dikutip dari pemberitaan Metro TV yang diunggah sejumlah akun bola di Instagram, terlihat sejumlah suporter membawa atribut Arema FC dibubarkan oleh kepolisian.

Baca juga: Kaesang Pangarep Jadi Pemilik Baru Persis Solo, Pemegang Saham Tertinggi 40 Persen

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas