Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Jumat, 16 April 2021: 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

BMKG rilis peringatan dini cuaca ekstrem hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di 27 wilayah pada Jumat (16/4/2021).

Peringatan Dini BMKG Jumat, 16 April 2021: 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Motor tetap berjalan di bawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat prakiraan cuaca peringatan dini BMKG Jumat, 16 April 2021 yang berpotensi alami cuaca ekstrem. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 27 wilayah Indonesia pada Jumat (16/4/2021).

Sebanyak 22 daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Di antaranya adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Sementara lima wilayah lainnya diperkirakan diguyur hujan yang dapat disertai petir dan kencang.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jabodetabek Besok, Jumat 16 April 2021: Hujan Petir di Depok dan Kota Bogor

Dilansir Bmkg.go.id, Severe Tropical Storm (STS) "Surigae" terpantau berada di Samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua yangbergerak ke arah barat barat laut dengan kecepatan angin maksimum mencapai 50 kt dan tekanan minimum 992 mb.

Sistem ini secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Utara,

Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua bagian utara dan membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Timur bagian utara hingga Kalimantan Utara.

STS Surigae juga menyebabkan pembentukan Low Level Jet (LLJ) yang memanjang dari perairan utara Papua Barat hingga Samudera Pasifik utara Papua.

Kondisi ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar STS Surigae dan di sepanjang daerah konfluensi dan konvergensi.

Kemudian, peningkatan kecepatan angin (>25kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) di sekitar STS Surigae dan disepanjang LLJ tersebut.

Ilustrasi prakiraan cuaca.
Ilustrasi prakiraan cuaca. Dalam artikel terdapat prakiraan cuaca peringatan dini BMKG Jumat, 16 April 2021 yang berpotensi alami cuaca ekstrem.(Tribunnews.com)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas