Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Migrant Care dan Tokopedia Siapkan Program UKM untuk Perempuan Eks TKW

Program memberikan edukasi agar para TKW purna tugas memiliki keahlian dalam berwirausaha.

Migrant Care dan Tokopedia Siapkan Program UKM untuk Perempuan Eks TKW
dok.
Tokopedia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Migrant Care bersama Tokopedia meluncurkan program pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) perempuan purna migran atau eks tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri untuk menciptakan peluang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19.

Di program ini, Tokopedia memberikan edukasi agar para TKW purna tugas memiliki keahlian dalam berwirausaha.

"Kerja sama Tokopedia dengan Migrant Care untuk memberikan edukasi kepada perempuan migran menciptakan peluang melalui program berkembang bersama Tokopedia 'Recover Together, Empower for Better'," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni dalam acara peluncuran secara virtual, Senin (19/4/2021).

Salah satu fokus program ini adalah mengembangkan para perempuan agar mengembangkan usaha produktif sebagai sumber penghasilan saat purna migran.

Baca juga: Menkop Dorong UMKM Produsen Masuk Ekosistem Digital

"Program ini antara lain menjadi salah satu fokus Tokopedia terutama dibidang pemberdayaan perempuan. kami fokus untuk mengembangkan kapasitas masyarakat terutama di kegiatan ekonomi produktif," tambah Astri.

Baca juga: 25 UMKM Ramaikan Gelaran Virtual Exhibition Kota Padang 2021

Sebanyak 237 perempuan purna migran yang sudah menjadi pelaku UKM lewat progam ini. 

Mereka tersebar di empat wilayah, di antaranya 72 orang di tiga desa di Kabupaten Wonosobo, 85 orang di empat di di Banyuwangi, 60 orang di dua desa di Jember, dan 20 orang di satu desa di Indramayu.

Para purna migran ini merupakan anggota komunitas Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi) yang akan memberikan edukasi dan sosialisasi program bersama Tokopedia dan Migrant Care.

Seleksi dilakukan melalui proses asesmen oleh pihak Migrant Care agar mengetahui purna migran mana yang memenuhi kriteria program ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas