Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Soroti Kerumunan di Kesawan City Walk, IPW Minta Wali Kota Medan dan Kapolda Sumut Diusut

ICW bereaksi Medan kembali zona merah Covid-19 karena kerumunan di Kesawan City Walk, minta Wali Kota Medan dan Kapolda Sumut diusut.

Soroti Kerumunan di Kesawan City Walk, IPW Minta Wali Kota Medan dan Kapolda Sumut Diusut
(TRIBUN MEDAN/RECHTIN)
Suasana Kesawan City Walk di malam hari, Sabtu (17/4/2021). Ramainya pengunjung yang datang menyebabkan terjadinya kerumunan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ind Police Watch (IPW) mendesak pemerintah Jokowi tidak tebang pilih dalam melakukan penegakan hukum. 

Menurut Ketua Presidium Ind Police Watch, Neta S Pane, harusnya Wali Kota Medan Nasution ditahan dan diproses ke pengadilan seperti Rizieq karena menyebabkan terjadinya kerumunan massa di Kesawan City Walk.

Hingga membuat kota Medan menjadi zona merah Covid 19.

"Sama seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Nana yang dicopot gegara kasus Rizieq, Kapolda Sumut Irjen Panca juga harus dicopot Kapolri Sigit. Sebab Polda Sumut sudah mengabaikan penegakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Akibatnya, Kota Medan kembali masuk ke zona merah penyebaran Covid-19, " tutur Neta dalam keterangannya, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Perang Antar Warga di Medan, Petasan Dibalas Bom Molotov

Neta menjelaskan baik Wali Kota Medan dan Kapolda Sumut telah mengabaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 07 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa Dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Dari data covid19.go.id tercatat di wilayah Sumut ada dua daerah yang masuk menjadi zona merah penyebaran Covid-19, yakni Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Di Kota Medan sendiri, penyebaran covid-19 sempat terkendali dan masuk ke zona orange setelah melakukan penekanan dan pengawasan sejak akhir  Maret.

Kembalinya Kota Medan masuk zona merah, satu di antara penyebabnya banyak masyarakat yang berkerumun, terutama di Kesawan City Walk.

Kawasan ini digagas sebagai The Kitchen Of Asia oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan menantu Presiden Jokowi ini membiarkan terjadinya kerumunan setiap hari di tempat ini.

Suasana Kesawan City Walk di malam hari, Sabtu (17/4/2021). Ramainya pengunjung yang datang menyebabkan terjadinya kerumunan.
Suasana Kesawan City Walk di malam hari, Sabtu (17/4/2021). Ramainya pengunjung yang datang menyebabkan terjadinya kerumunan. ((TRIBUN MEDAN/RECHTIN))

Dengan kondisi ini, seharusnya Polda Sumut turun tangan melaksanakan program pemerintah yakni penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas