Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ramadan 2021

Sejak Umur 7 Tahun, Menko Polhukam Mahfud MD Rutin Khataman Quran di Kala Puasa Ramadan

Ia pun mengaku punya target setiap bulan Ramadan datang yakni menyelesaikan membaca Quran sebanyak dua kali membaca dari surat pertama ayat pertama sa

Sejak Umur 7 Tahun, Menko Polhukam Mahfud MD Rutin Khataman Quran di Kala Puasa Ramadan
3dwarehouse.sketchup.com
ilustrasi.Tips khatam Alquran 30 hari selama Ramadhan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bulan suci Ramadan tidak hanya mendatangkan hikmah dan berkah bagi umat Islam di seluruh dunia, melainkan juga rutinitas yang hanya datang saat bulan penuh rahmat itu datang.

Begitu juga Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu ternyata punya kebiasaan yang rutin ia lakukan ketika Ramadan datang yakni khataman Quran.

Ia pun mengaku punya target setiap bulan Ramadan datang yakni menyelesaikan membaca Quran sebanyak dua kali membaca dari surat pertama ayat pertama sampai surat terakhir ayat terakhir.

"Kalau tidak bulan Ramadan, kadang kala 11 bulan membacanya tidak sampai khatam dan bacanya pindah-pindah. Kalau bulan Ramadan bagi saya, membacanya urut. Dari surat pertama ayat  pertama sampai surat terakhir ayat terakhir itu urut. Itu rutinitas saya," kata Mahfud saat dihubungi Tribunnews.com lewat sambungan telepon pada Rabu (21/4/2021).

Namun demikian, kata Mahfud, bukan berarti membaca Quran secara acak tidak lebih baik dari membaca Quran secara berurutan.

"Ya cuma rutinitas saja, bukan berarti kalau membaca meloncat loncat itu lebih jelek, tidak juga, cuma itu kalau Anda tanya rutinitas saya, begitu," kata Mahfud.

Baca juga: Adakah Doa Khusus yang Dibaca Ketika Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan? Berikut Penjelasannya

Mahfud mengatakan motivasinya menjalankan rutinitas tersebut tidak jauh berbeda dengan kebanyakan umat Islam lainnya yakni janji pahala berlipat ganda.

Menurutnya, rutinitasnya membaca Quran di bulan Ramadan tidak jauh berbeda ketika ia beribadah umroh ke Mekah.

"Sama dong kalau saya misalnya ke Mekah selama seminggu, umroh selama seminggu, itu minimal saya bisa khatam seminggu itu tiga kali. Karena setiap kali salat saya bisa baca lima juz di masjid," kata Mahfud.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas