Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hasto: Urusan Penanganan Bencana, Ibu Megawati Lebih Heboh dari Pemilu

Urusan penanganan bencana, menurut Hasto, Megawati Soekarnoputri lebih heboh dari Pemilu, sebab terkait keselamatan rakyat.

Hasto: Urusan Penanganan Bencana, Ibu Megawati Lebih Heboh dari Pemilu
Ist
Hasto Kristiyanto menjadi moderator dalam Focus Group Discussion sekaligus launching Gerakan Budaya Siaga Bencana inisiasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di Jakarta, Jumat (23/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya mendorong agar penanganan bencana di Indonesia harus dipikirkan hingga ke masalah detil. 

Hasto mengungkapkan pihaknya belajar itu dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang selalu mengingatkannya.

Urusan penanganan bencana, menurut Hasto, Megawati Soekarnoputri lebih heboh dari Pemilu, sebab terkait keselamatan rakyat.

Dia lalu memberi contoh, bagaimana Megawati memberikan instruksi mendetil seketika mendengar bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT) baru-baru ini. 

Minggu dini hari 4 April lalu, badai atau siklon tropis Seroja terjadi membuat seluruh masyarakat Indonesia terkejut. Kala air meluap menerjang rumah warga  hingga memakan korban meninggal dunia.Dan tidak lama dari kejadian itu pula, Hasto ingat betul instruksi Megawati kepadanya. 

"Ibu detail instruksinya. Jangan lupa, untuk perempuan dan anak- anak. Harus lebih diperhatikan. Baik pakaian bersih yang memang khusus untuk perempuan dan anak, serta air bersih dan makanan yang dimasak," kata Hasto. 

Hal itu diungkapnya saat menjadi moderator dalam Focus Group Discussion sekaligus launching Gerakan Budaya Siaga Bencana inisiasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di Jakarta, Jumat (23/4/2021). 

Hasto melanjutkan, instruksi yang disampaikan Megawati juga mencakup permintaan agar seluruh kepala daerah asal PDIP ikut bergerak cepat. Semangat gotong royong tanpa membeda- bedakan, ditekankan betul oleh Megawati. 

Baca juga: Kementeian LHK Singgung Meningkatnya Jumlah Kejadian Bencana Hidrometeorologi 

Saat itu, Megawati mengoordinasikan, supaya kepala daerah terutama di tingkat Gubernur, menyiapkan pusat komando di daerah. Tujuannya, dan selalu terus berulang disampaikan, agar kesadaran mengenai bencana harus menjadi perilaku masyarakat sehari - hari. 

Tanggap darurat, reaksi cepat dan tepat, kata Hasto yang perlu disadari oleh masyarakat terutama bagi kepala daerah mengingat posisi Indonesia berada di wilayah ring of fire atau cincin api. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas