Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadiri Upacara Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Kenakan Baju Adat Suku Rote NTT

Nadiem mendorong satuan pendidikan terus berinovasi, bereksplorasi dan melakukan transformasi pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hadiri Upacara Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Kenakan Baju Adat Suku Rote NTT
Screenshot
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim menghadiri upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).

Mendikbud tampak mengenakan pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional.




Dalam sambutannya, Nadiem mendorong satuan pendidikan terus berinovasi, bereksplorasi dan melakukan transformasi pendidikan di tengah pandemi covid-19, kendati tidaklah mudah.

"Masa pandemi covid-19 bukanlah masa yang mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua dan kita semua yang beraktivitas di tengah wabah ini," kata Nadiem.

"Selama lebih dari setahun saya belajar memahami kesulitan pelajar yang berjibaku menghadapi berbagai tantangan belajar dari rumah, sekaligus memendam kerinduan bercengkrama dengan teman dan sahabat," lanjutnya.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021). (Screenshot)

Beberapa literatur menyebut bahwa pakaian adat suku Rote memiliki model yang khas, sejarah, keunikan dan juga nilai filosofis yang terdapat pada busana tersebut.

BERITA TERKAIT

Keunikan tersebut terletak pada topi yang disebut “Ti’i Langga”.

Ti’i langga memiliki bentuk yang mirip dengan topi khas Meksiko yaitu topi sombrero.

Topi ini merupakan sebuah penutup kepala yang terbuat dari daun lontar kering yang menjadi simbol kewibawaan dan kepercayaan diri bagi kaum laki-laki di Suku Rote.

Topi tadi merupakan aksesoris utama pada pakaian adat Rote yang disebut pakaian Tenun Ikat yang terbuat dari kain tenun.

Pakaian tersebut merupakan kombinasi dari kemeja putih berlengan panjang dan sarung tenun ikat berwarna gelap pada bagian bawah.

Baca juga: Peringati Hardiknas, Sandiaga Uno Bagikan Buku untuk Pemulung di Bantargebang

Untuk penutup dada digunakan sebuah selendang kain dengan motif yang sama di bahu.

Upacara bendera dilakukan secara tatap muka, terbatas, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara ini juga diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) dan dihadiri Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

Kemendikbud dalam penyataannya mengungkapkan juga akan menayangkan program Hardiknas yang berisikan siniar (podcast) inspiratif bersama Presiden RI Joko Widodo yang dipandu Mendikbud Nadiem.

Tayangan ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa artis ternama antara lain Andmesh, Yura Yunita, Gamaliel, Sivia, On Frame Dancers serta Padua Suara Pelajar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas