Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nadiem Makarim: Merdeka Belajar Jadikan Pendidikan Indonesia Lebih Adaptif

Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem dalam webinar Festival Pendidikan Astra 2021, Selasa (4/5/2021).

Nadiem Makarim: Merdeka Belajar Jadikan Pendidikan Indonesia Lebih Adaptif
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam webinar Festival Pendidikan Astra 2021, Selasa (4/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan kebijakan Merdeka Belajar menjadikan pendidikan Indonesia lebih adaptif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem dalam webinar Festival Pendidikan Astra 2021, Selasa (4/5/2021).

"Kami mengupayakan transformasi sistem pendidikan melalui Merdeka Belajar untuk menjadikan pendidikan Indonesia lebih adaptif. Kami juga menjadikan pengembangan karakter sebagai fokus transformasi pendidikan," ujar Nadiem.

Pendidikan menjadi salah satu pilar mendukung pembangunan dunia untuk menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat pada tahun 2030 melalui program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Kami mengapresiasi dan terima kasih kepada Astra dalam pelaksanaan Festival Pendidikan Astra 2021 sebagai ruang untuk menemukan gagasan baru dalam membangun kolaborasi dan sinergi antara vokasi dan dunia industri," ujar Nadiem. 

Baca juga: Hardiknas, Jokowi Berharap Semangat Belajar Tidak Lunglai di Tengah Pandemi Covid-19 

Sementara itu, Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengungkapkan sejak 2015, Astra telah menjadikan SDGs sebagai salah satu acuan dalam menyusun program-program CSR di bidang pendidikan.

"Khususnya tujuan keempat yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua," kata Tiffani.

Terdapat beberapa rangkaian yang telah dilakukan dalam Festival Pendidikan tahun ini seperti Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) ke-8, dan Capacity Building Guru PAUD Holistic Integrative yang dihadiri lebih dari 2.000 Guru PAUD.

Lalu Pengembangan Guru Hebat SMK, Lestari Leadership Program, Kupas Tuntas Asesmen Nasional, dan Talkshow Inspirasi Kartini Membangun Negeri.

Dalam Festival tersebut, Astra bersama Kementerian PPN juga menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung percepatan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas