Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

CPNS 2021

JADWAL Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021, Naskah Soal Telah Diserahkan ke Kemenpan-RB

Simak jadwal seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021, naskah soal yang akan digunakan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan PPPK sudah selesai.

JADWAL Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021, Naskah Soal Telah Diserahkan ke Kemenpan-RB
Dok Lembaga Administrasi Negara (LAN)
Latihan dasar CPNS - Inilah jadwal seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021. Diserahkannya naskah soal seleksi CASN, selanjutnya Tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini jadwal seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021, pendaftaran seleksi akan dimulai 31 Mei - 21 Juni 2021.

Diketahui, kebutuhan ASN di tahun 2021 ini sebanyak 1.275.384, termasuk kebutuhan untuk PPPK Guru dan non-Guru.

Jumlah tersebut terbagi dari beberapa jenis, yakni intansi pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi pemerintah daerah sebanyak 1.191.718.

"Jumlah tersebut termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo, saat konferensi pers, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Update Info CPNS dan PPPK: Naskah Soal Sudah Selesai, Tinggal Menginput ke Sistem CAT

Baca juga: Kemendikbud Serahkan Soal Seleksi CPNS Tahun ini ke Kemenpan-RB

Sementara itu, naskah soal untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) telah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Naskah soal seleksi CASN tersebut sebelumnya disusun oleh tim penyusun naskah soal dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud).

Nantinya, naskah soal tersebut akan digunakan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kompetensi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) tahun 2021.

Dengan diserahkannya soal seleksi CASN tersebut, selanjutnya Tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menpan RB Tjahjo Kumolo, mengatakan, diperlukan kehatian-hatian untuk menjamin kerahasiaan dan keamanan data-data soalnya.

"Kami yakin sejak tahun-tahun sebelumnya kerahasiaan dan keamanan data menjadi kata kunci kita bersama,” ujar Menteri Tjahjo dalam acara Serah Terima Naskah Soal Seleksi CASN Formasi T.A 2021, secara virtual, Selasa (20/04/2021).

Baca juga: Jumlah Lowongan Guru PPPK di CPNS 2021 untuk Tenaga Honorer dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas