Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puncak Arus Balik, Kemenhub Siapkan Posko Test Antigen Khusus Pemudi Roda Dua di Karawang

- Kementerian Perhubungan mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang puncak arus balik di beberapa titik konsentrasi.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Puncak Arus Balik, Kemenhub Siapkan Posko Test Antigen Khusus Pemudi Roda Dua di Karawang
Tribunnews/Irwan Rismawan
Puncak Arus Balik, Kemenhub Siapkan Posko Test Antigen Khusus Pemudi Roda Dua di KarawangTribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang puncak arus balik di beberapa titik konsentrasi.

Puncak arus balik pemudik diprediksi akan terjadi pada hari ini, Minggu (16/5/2021) dari arah timur ke barat.

Kepadatan kendaraan diprediksi bakal terjadi pada Minggu malam.

Untuk itu, Kemenhub menyiapkan tes antigen gratis bagi masyarakat, khusus bagi pengguna roda dua yang belum memiliki bukti bebas Covid-19 yang melintas di Posko Balonggandu, Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Random Check Antigen Saat Arus Balik di Tol Jasa Marga Group Berlaku Hari Ini, Dimana SajaLokasinya?

Baca juga: Pemudik Disambut Spanduk Penolakan, Tanpa Tes Covid-19 Dilarang Masuk Wilayah Kartini Jakarta Pusat

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengungkapkan tujuan diperketatnya posko ini untuk mengawal pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah.

“Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan hari ini kami memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta. Pada prinsipnya kami inginkan semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat, tidak terpapar Covid-19. Untuk itu semua pintu masuk Jakarta akan ada rapid test antigen,” kata Dirjen Budi di Posko Balonggandu, Sabtu (15/5/2021).

Petugas gabungan melakukan penyekatan pemudik di Pos Gamon, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021) malam. Dalam penyekatan pemudik yang mayoritas pengendara roda dua tersebut, pemudik diarahkan untuk memutar balik menuju Jakarta, namun banyak pemudik yang menerobos penyekatan ini. Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas gabungan melakukan penyekatan pemudik di Pos Gamon, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021) malam. Dalam penyekatan pemudik yang mayoritas pengendara roda dua tersebut, pemudik diarahkan untuk memutar balik menuju Jakarta, namun banyak pemudik yang menerobos penyekatan ini. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)
BERITA TERKAIT

Budi menuturkan secara keseluruhan ada 11 titik di Jawa Barat yang didirikan posko pemeriksaan yakni, di antaranya:

1. Posko Nagreg : lingkar Nagreg barat

2. Posko Cileunyi : exit tol Cileunyi

3. Posko Cikopo : Cikopo

4. Posko Cirebon : exit tol Ciperna

5. Posko Karawang : Tanjung Pura

6. Posko Banjar : Cijolang

Petugas melakukan swab test antigen kepada pengendara mobil saat penyekatan larangan mudik Lebaran di Tol Cipali, tepatnya di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Pemeriksaan tersebut sebagai upaya untuk menyekat masyarakat yang nekat mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas melakukan swab test antigen kepada pengendara mobil saat penyekatan larangan mudik Lebaran di Tol Cipali, tepatnya di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Pemeriksaan tersebut sebagai upaya untuk menyekat masyarakat yang nekat mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas