Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kementerian Ketenagakerjaan Siapkan Langkah Antisipasi Urbanisasi Warga Usai Lebaran 2021

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan urbanisasi warga usai Lebaran 2021.

Kementerian Ketenagakerjaan Siapkan Langkah Antisipasi Urbanisasi Warga Usai Lebaran 2021
dok. Kemnaker
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan urbanisasi warga usai Lebaran 2021.

Sebagaimana diketahui, mudik lebaran yang terjadi setiap tahun biasanya selalu diiringi dengan fenomena urbanisasi, meskipun tahun ini pemerintah menerapkan larangan mudik.

Para kaum urban akan menjadikan kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya sebagai tujuan utama untuk mencari kehidupan baru.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan, kota-kota besar masih menjadi magnet bagi para pencari kerja.

Namun, ia menyayangkan sebagian besar dari kaum urban yang datang dari desa ke kota tanpa memiliki keterampilan kerja yang memadai.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Bersama Menaker Ajak Pekerja Seni Terlindungi Program Jamsostek

“Kita ketahui bersama bahwa tiap tahun fenomena urbanisasi terjadi. Dan kita tidak ingin urbanisasi menimbulkan masalah baru karena ketiadaannya keterampilan pekerja yang dibutuhkan pasar kerja,” kata Ida Fauziyah di Jakarta, Minggu (23/5/2021).

Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah tidak menghendaki urbanisasi yang tiap tahun terjadi hanya melahirkan masalah baru, seperti meningkatnya angka pengangguran.

Untuk itu, menurutnya, warga yang mau mencari kehidupan baru ke kota agar memiliki keterampilan kerja yang memadai agar cepat terserap pasar kerja.

Baca juga: Menaker Ida: Borobudur Jadi Proyek Percontohan BLK Komunitas Sektor Pariwisata

Sebagai salah satu mitigasi dalam mengantisipasi urbanisasi, Kemnaker sendiri telah, sedang, dan akan terus menggulirkan program peningkatan kompetensi agar masyarakat memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas